Text
Pengaruh Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Menabung Di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan
ABSTRAK
Aini Nur Nadhifah, 2017, Pengaruh Karakteristik Konsumen Terhadap
Keputusan Menabung Di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan,
Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam,
Pembimbing: Fatati Nuryana, M.Si
Kata Kunci: Karakteristik Konsumen, Keputusan Menabung
Lembaga keuangan syariah terus bekembang di Indonesia dari perkotaan
hingga pedesaan, khususnya BPRS Bhakti Sumekar Kantor cabang pamekasan
yang dalam pelaksanaan kegiatannya berdasarkan prinsip syariah. Salah satu
keunggulan BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan mmiliki produk
tabungan yang berbasis syariah yang memberikan kemudahan bagi masyarakat
serta bebas biaya administrasi yang tidak dimilik ioleh lembaga keuangan syariah
lain di Pamekasan. Kondisi ekonomi masyarakat pamekasan mayoritas ekonomi
menengah kebawah, sehingga membuat konsumen ada yang merasa kesulitan
untuk memutuskan menabung di Bank pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS)
Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan . Berdasarkan latar belakang tersebut,
peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh karakteristik
Konsumen Terhadap Keputusan Menabung Di BPRS Bhakti Sumekar Kantor
Cabang pamekasan”.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh karakteristik
konsumen terhadap keputusan menabung dan variabel manakah yang paling
berpengaruh terhadap keputusan menabung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian interaktif (penelitian timbal balik)
dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah
jumlah masyarakat pamekasan dengan menggunakan metode nonprobability
sampling dengan sampling insidential serta penentuan jumlah sampel dengan
menggunakan rumus slovin pada tingkat kesalahan 10%. Teknik analisa adalah
analisis regresi linier berganda.
Hasil perhitungan secara simultan diperoleh Fhitung sebesar 14,637 > Ftabel =
3,94, yang berarti menerima hipotesis ada pengaruh signifikan antara karakteristik
konsumen (budaya, kelas sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis) terhadap
keputusan menabung. Sedangkan hasil uji parsial diperoleh Thitung faktor pribadi,
dan faktor psikologis berturut-turut 3,261, 4,188 yang lebih besar dari Ttabel =1,66
yang berarti secara parsial dinyatakan signifikan, sehingga faktor psikologis
merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan menabung di
BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan. Namun variabel kelas sosial
dan budaya secara parsial tidak mempunyai pengaruh terhadap minat pembelian
produk tabungan hari raya. Hal ini berdasarkan hasil Thitung = 0,920 0,05. Sedangkan hasil uji parsial faktor
budaya diperoleh Thitung 1,515 yang lebih kecil dari Ttabe l= 1,66 yang berarti secara
parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan menabung
Tidak tersedia versi lain