Text
, Penerapan Customer Relationship Management Pada Nasabah Funding Di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan,
ABSTRAK
Mohammad Kuddus, 2016, Penerapan Customer Relationship Management Pada Nasabah Funding Di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi Dan Bisnis Islam, Pembimbing: Dr. H. Nashar, SE.,MM.,M.Si
Kata Kunci : Customer Relationship Management, Nasabah Funding.
Manajemen hubungan pelanggan dalam dunia perbankan merupakan hal yang paling penting untuk diterapkan agar lembaga keuangan tersebut mampu menciptakan, mempertahakan, dan meningkatkan jumlah nasabah supaya dengan peningkatan jumlah nasabah dapat meningkatkan profitabilitas dari lembaga keuangan tersebut. Risiko manajemen akan mengakibatkan kepercayaan nasabah pada bank yang bersangkutan akan menurun.
Berdasarkan hal tersebut, maka yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah bagimana POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controling) Customer Relationship Management, pada nasabah Funding di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan ? dan Apakah Efektifitas Penerapan Customer Relationship Management dapat menjaga dan meningkatkan loyalitas nasabah Funding di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui dokumentasi, observasi, wawancara. Informannya adalah direktur BPRS SPM, karyawan bagian CS, Teller, AO Funding, dan para nasabah Tabungan dan nasabah Deposito (deposan). Ketekunan data atau keajegan pengamatan, triangulasi, uraian rinci, pengecekan kebenaran informasi dan perpanjangan waktu penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controling) CRM dapat dilakukan setelah BPRS SPM mempersiapkan diri dan melengkapi kebutuhan untuk pelaksanaan, dan pengelompokan serta pelaksanaan, dan melakukan rapat untuk mengevaluasi dari penerapan CRM itu sendiri. Penerapan CRM dilakukan terlebih dahulu dalam lingkungan kerja yang akan mempermudah dalam menjalin hubungan dengan nasabah, keberhasilan PT BPRS Sarana Prima Mandiri dapat dilihat dari loyalitas nasabah, serta tingkat profitabilitas dan tingkat liquiditasnya, keberhasilan tersebut tentu tidak lepas dari indikator keberhasilan CRM, adapun indikator keberhasilan CRM yang di terapkan dalam PT BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan kekompakan, kebersamaan, dan rasa memiliki, serta menghargai dan menghormati sesama karyawan. Peningkatan loyalitas nasabah sebagai hasil dari penerapan manajemen hubungan pelanggan yang selalu memberikan pelayanan yang prima serta memfokuskan pada kepuasan nasabah dan sehingga dari peningkatan loyalitas nasabah tersebut akan meningkatkan jumlah nasabah Funding yang terjadi di BPRS SPM Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain