Text
,Implementasi peran Alumni Sidogiri dalam Promotion Mix Pada BMT UGT Sidogiri Cabang Tlanakan pamekasan
ABSTRAK
Ach. Awizuz syifa’2016,Implementasi peran Alumni Sidogiri dalam Promotion Mix Pada BMT UGT Sidogiri Cabang Tlanakan pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi Dan Bisnis Islam. Pembimbing:Dr. Rudy Haryanto, S.ST., MM.
Kata kunci: Alumni, implementasi Promotion Mix, KJKS BMT
Promosi merupakan kegiatan marketing mix yang terakhir. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sama pentingnya dengan ketiga kegiatan di atas, baik produk, harga, dan lokasi. Dalam kegiatan ini setiap bank berusaha untuk mempromosikan seluruh produk dan jasa yang dimilikinya baik langsung maupun tidak langsung.Tanpa promosi jangan diharapkan nasabah dapat mengenal bank.Oleh karena itu, promosi merupakan sarana paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan nasabahnya.Salah satu satu tujuan promosi bank adalah menginformasikan segala jenis produk yang ditawarkan dan berusaha menarik calon nasabah yang baru, Bank atau lemabaga usaha lainnya mempunyai cara masing-masing untuk menarik calon nasabah dan mempertahankannya. Sales atau marketing sudah biasa dikenal sebagai orang yang mempromosikan produk di suatu bank untuk menjual produk dan meningkatkan jumlah nasabah, pada BMT UGT Sidogiri Cab. Tlanakan ini terdapat teknik atau cara untuk menarik calon nasabah dan mempertahankannya dilakukan oleh para alumni Sidogiri, dan seperti apa peran dan upaya yang dilakukan tesebut, adapun fokus penelitian ini adalah Bagaimana peran Alumni dalam meningkatkan penjualan,Bagaimana peran Alumni dalam meningkatkan Sales Promotion,Bagaimana peran Alumni dalam meningkatkanPenjualan Pribadi, Bagaimana peran Alumni dalam meningkatkan hubungan dengan masyarakat atau Publicitas.
Secara metodelogis, peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif, dan peneliti merupakan subyek utama dalam penelitian ini, sedangkan teknik pengumpulan data-data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi, sumberdata dalam penelitian ini adalah karyawan, nasabah BMT UGT Sidogiri Cab. Tlanakan serta alumni Pondok Pesantren Sidogiri, sumber data pendukung dalam penelitian ini adalah brosur produk-produk, dan data lainnya. Sedangkan teknik pengumpulan data yang di gunakan peneliti adalah analisis non statistik dan tahapan analisisnya meliputi reduksi data, penyajian data, dan verivikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi promotion mix alumni pada BMT UGT sidogiri cab. Tlanakan berhasil meningkatkan penjualan produk di BMT UGT sidogiri cab. Tlanakan, karena para alumni menggunakan promotion mix dalam mengenalkan produk-produk yang ada di BMT UGT sidogiri cab. Tlanakan pada masarakan, selain itu alumni juga berperan penting dalam menjaga hubungan dengan masyarakat untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat pada BMT UGT Sidogiri Cab. Tlanakan, dan alumni juga berperan sebagai sales dimana alumni sidogiri saling berkoordinasi untuk memajukan BMT UGT dengan mengenalkan secara langsung Poroduk BMT pada masyarakat.
Tidak tersedia versi lain