Text
Strategi Pelayanan Nasabah Berbahasa Madura di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayan Syariah BMT NU Cabang Utama Gapura Sumenep.
Kamilah, 2017 Strategi Pelayanan Nasabah Berbahasa Madura di
Koperasi Simpan Pinjam Pembiayan Syariah BMT NU Cabang Utama Gapura
Sumenep. Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam Progam Studi Perbankan Syariah,
Pembimbing: Mohammad Ali Al Humaidy, M.Si.
Kata Kunci: Pelayanan, Nasabah dan Bahasa Madura
Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak pernah putus dengan yang
namanya berkomunikasi dengan orang-orang yang ada disekitar kita, baik dengan
keluarga, teman, dan juga masyarakat, tidak ada manusia yang tidak akan terlibat
dalam komunikasi karena komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia.
Komunikasi merupakan proses penyampaian dan pemahaman pesan dari satu
orang ke orang lain. Kemampuan berkomunikasi akan menentukan keberhasilan
individu dan organisasi. Apabila suatu organisasi diisi orang yang mampu
berkomunikasi dengan baik, tujuan organisasi akan tercapai. Salah satu untuk
menghasilkan komunikasi yang efektif yaitu harus menyesuaikan dengan bahasa
para pendengarnya. Bahasa Madura adalah bahasa yang selalu digunakan oleh
orang Madura untuk berinteraksi dalam kegiatan sehari-hari.
Berdasarkan hal tersebut, maka yang menjadi fokus dalam penelitin ini
adalah: Pertama, Bagaimana deskripsi strategi pelayanan nasabah berbahasa
Madura di Koperasi Simpan Pinjam Pembiyaan Syariah BMT NU Cabang Utama
Gapura Sumenep? Kedua, Bagaimana respon masyarakat tentang strategi
pelayanan nasabah berbahasa Madura di Koperasi Simpan Pinjam Pembiyaan
Syariah BMT NU Cabang Utama Gapura Sumenep? Ketiga, Bagaimana dampak
strategi pelayanan nasabah berbahasa Madura di Koperasi Simpan Pinjam
Pembiyaan Syariah BMT NU Cabang Utama Gapura Sumenep?
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian kualitatif deskriptif, yang dalam hal ini menggunakan tiga teknik
pengumpulan data yaitu, teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik
dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti, menunjukkan bahwa:
Pertama, deskripsi strategi pelayanan nasabah berbahasa Madura Koperasi
Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Cabang Utama Gapura Sumenep yaitu,
pelayanan yang terjadi menggunakan bahasa Madura dalam tingkatan engghi
bhunten yang telah biasa digunakan oleh masyarakat dalam kegiatan sehari-hari.
Kedua, respon masyarakat tentang strategi pelayanan nasabah berbahasa Madura
yaitu nasabah (anggota/mitra) BMT NU Cabang Utama Gapura Sumenep merasa
nyaman, puas dan merasa dihargai oleh karyawan sehingga nasabah mudah untuk
melakukan transaksi. Ketiga, dampak strategi pelayanan nasabah berbahasa
Madura yaitu baik karena dengan pelayanan berbahasa Madura BMT NU dapat
mencapai tujuannya dan nasabah merasa nyaman dan puas dengan peyalanannya.
Tidak tersedia versi lain