Text
UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MEMBENTUK SIKAP RELIGIUS SISWA DI MTS BUSTANUL ULUM BARAT
ABSTRAK
Hoiratul Ummah, 2017 “Upaya Kepala Madrasah dalam Membentuk Sikap
Religius Siswa di MTs Bustanul Ulum Ambat”, Skripsi, Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
Pamekasan, Pembimbing: Dr. H. Moh. Muchlis Solichin, M.Ag.
Kata Kunci: Upaya Kepala madrasah, Sikap Religius Siswa
Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini di
antaranya yaitu: Pertama, bagaimana suasana religius di MTs Bustanul Ulum
Ambat, Kedua, bagaimana upaya kepala madrasah dalam membentuk sikap
religius siswa di MTs Bustanul Ulum Ambat, Ketiga, bagaimana respon siswa
terhadap program kepala madrasah dalam pembentukan sikap religius di MTs
Bustanul Ulum Ambat.
Pendekatan dan jenis penelitian yang dipakai adalah jenis penelitian
kualitatif deskriptif, karena penelitian ini berpusat pada kegiatan sehari-hari
dengan menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan data yang ada, sedangkan
pengumpulan datanya melalui: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sebagai
informan adalah kepala madrasah MTs Bustanul Ulum Ambat, guru dan staf,
siswa serta wali murid. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 12 November 2016
sampai dengan tanggal 27 Februari 2017. Dalam penelitian ini menggunakan
purposive sampling, yaitu data yang terkumpul dalam bentuk wawancara,
didukung dengan adanya data dalam bentuk hasil observasi dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan sebagai
berikut: 1. Suasana religius yang tercipta di MTs Bustanul Ulum Ambat sangat
kondusif, hal ini dikarenakan adanya kegiatan keagamaan yang dilaksanakan,
antara lain: Shalat dhuha dan dhuhur secara berjamaah, membaca do’a sebelum
dan sesudah belajar, membiasakan salam apabila bertemu dengan orang lain, tidak
berbicara dan tertawa dengan keras, dalam kegiatan belajar mengajar bidang studi
umum, dihubungkan dengan nilai agama. 2. Upaya kepala madrasah dalam
membentuk sikap religius siswa dilakukan denga cara: Menyusun program dalam
melaksanakan kegiatan keagamaan, membuat tata tertib siswa, menjalin dan
menjaga tali silaturrahim dengan wali murid dan masyarakat sekitar, memberikan
sangsi kepada siswa yang melakukan pelanggaran, bekerja sama dengan wali
murid untuk memantau perkembangan sikap religius anak dengan adanya
musyawaroh. 3. Respon Siswa terhadap program kepala madrasah dalam
membentuk sikap religius siswa di MTs Bustanul Ulum Ambat, berupa: pada
mulanya ada perasaan tertekan pada sebagian siswa, akan tetapi setelah mereka
jalani tiap hari akhirnya terbiasa, dan ada yang langsung merasa senang dengan
adanya kegiatan kegamaan, karena menurut mereka program tersebut dijalankan
untuk melatih memiliki sikap religius sejak dini.
Tidak tersedia versi lain