Text
Analisis Implementasi Syariah Marketing dalam Membangun Kepercayaan Anggota pada Tabungan Umum Syariah di BMT UGT Sidogiri Capem Pagendingan.
Haris Aminuddin 2017,”Analisis Implementasi Syariah Marketing dalam
Membangun Kepercayaan Anggota pada Tabungan Umum Syariah di BMT UGT
Sidogiri Capem Pagendingan” Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan
Ekonomi dan Bisnis Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan,
Pembimbing Mohammad Bashri Asy’ari.
Kata kunci: Syariah Marketing, Kepercayaan Anggota
Syariah Marketing sangat penting dalam perbankan syariah karena
didalamnya terkandung karakter yang unik yang tidak dapat ditemukan pada
perbankan konvensional. Keunikannya salah satu diantaranya keadilan atau
kesetaraan, yaitu dengan membebaskan bunga diganti dengan prinsip bagi hasil.
Salah satu BMT yang berkembang adalah koperasi BMT-UGT Sidogiri capem
Pagendingan yang lebih mengedepankan nilai-nilai Islam dalam memasarkan
produknya. Dalam menerapkan Syariah Marketing BMT Sidogiri Capem
Pagendingan. Khususnya tabungan umum syariah selalu meningkat setiap
tahunnya, Maka dari itu semua masyarakat percaya untuk menabung di BMT,
sehingga spiritual marketing ini perlu ditingkatkan oleh setiap pengelola BMT.
Dalam penelitian ini peneliti memfokuskan pada (1) Bagaimana imple
tmentasi Syariah marketing dalam membangun kepercayaan anggota tabungan
umum syariah di BMT UGT Sidogiri Capem Pagendingan ? (2) Apa kendala yang
dihadapi dalam Syariah marketing untuk membangun kepercayaan anggota pada
tabungan umum syariah di BMT UGT Sidogiri Capem Pagendingan ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi.Informannya adalah pihak Koperasi BMT UGT Sidogiri capem
pagendingan pamekasan baik karyawan dan nasabah bagian pembiayaan maupun
marketing. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan kehadiran
peneliti dan ketekunan pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya: 1. Implementasi syariah
marketing di BMT UGT Sidogiri Pagendingan Pamekasan dalam penerapannya
yaitu mengedepankan nilai nilai syariah seperti shiddiq, amanah, fathonah, dan
tabligh sehingga nasabah bisa percaya dengan apa yang disampaikan oleh
karyawan atau marketer. 2. Produk tabungan umum syariah merupakan produk
yang paling diminati oleh nasabah karena tabungan ini merupakan tabungan yang
penyimpanan dan penarikannya bisa diambil kapan saja. Tabungan umum syariah
menggunakan akad mudharabah musytarakah di mana akad ini tidak mengenal
sistem bunga melainkan sistem bagi hasil. Akan tetapi meskipun sudah sesuai
dengan nilai-nilai syariah masih banyak masyarakat yang belum paham dan
mengerti sehingga banyak masyarakat yang beranggapan bahwa lembaga
keuangan syariah sama halnya dengan lembaga keuangan konvensional.
Tidak tersedia versi lain