Text
KEBERHASILAN BELAJAR ANAK PADA KELUARGA PERANTAU DI DESA KOMBANG TALANGO SUMENEP
Silsilatul Hikmah, 2017, Keberhasilan Belajar Anak pada Keluarga Perantau Di
Desa Kombang Talango Sumenep, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan
Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Buna’i, S.Ag., M.Pd.
Katakunci: keberhasilan belajar, keluarga perantau
Keberhasilan belajar yaitu perubahan-perubahan yang terjadi pada diri
anak, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik sebagai
hasil dari kegiatan belajar, keberhasilan tersebut dicapai oleh anak dari keluarga
perantau, dan yang mendukung dalam belajarnya ialah adanya motivasi dari orang
tua, guru, kerabat dekat, dan lingkungan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga
permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama,
Bagaimana proses belajar anak pada keluarga perantau sehingga menyebabkan
keberhasilan dalam belajar di Desa Kombang Talango Sumenep; kedua,
Bagaimana proses belajar anak pada keluarga perantau sehingga menyebabkan
keberhasilan dalam belajar di Desa Kombang Talango Sumenep; ketiga, Apa
faktor yang menyebabkan keberhasilan belajar anak pada keluarga perantau di
Desa Kombang Talango Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Informannya adalah Kepala Desa, tokoh masyarakat, orang tua/
wali, anak. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Proses belajar anak di
rumah dalam meraih keberhasilan belajarnya terdapat beberapa cara yang
dilakukan. Seperti, belajar sendiri dan belajar kelompok. Adapun waktu yang
dipilih mereka untuk belajar yaitu setelah ashar, setelah isyak, dan setelah pulang
sekolah, ataupun sebelum tidur. Yang menjadi pendukung dalam proses
belajarnya yaitu, bimbingan orang/tua, Sedangkan yang menjadi penghambatnya
adalah rasa malas dan gangguan dari teman-temannya; kedua, Keberhasilan
belajar anak tidak terlepas dari upaya yang orang tua/ wali lakukan. Adapun salah
satu upaya yang dilakukan untuk menunjang keberhasilan belajar anak yaitu
dengan menyekolahkan anaknya ke lembaga pendidikan, tujuannya untuk
membuat anak semakin pintar, dan mendapat prestasi yang baik disekolah,
sehingga dapat membanggakan sekolah maupun keluarga; ketiga, Ada dua faktor
yang menyebabkan keberhasilan belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Faktor internal yaitu, faktor yang berasal dari diri sendiri seperti jasmani dan
rohani. Yang kedua faktor eksternal, yaitu faktor yang berasal dari luar. Seperti,
motivasi guru, Lingkungan belajar yang kondusif, Sumber belajar yang cukup,
dan sarana belajar yang memadai.
Tidak tersedia versi lain