Text
Strategi Pengembangan Produk di BMT Mawaddah Cabang Desa Bujur Tengah Pamekasan.
Nur Aini, 2017.“Strategi Pengembangan Produk di BMT Mawaddah Cabang
Desa Bujur Tengah Pamekasan.” Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah,
JurusanEkonomi dan Bisnis Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
Pamekasan. Pembimbing:Fadllan, M.A.
Kata Kunci: Strategi, Pengembangan Produk.
Stategi pengembangan produk yang dilakukan pihak BMT Mawaddah
Cabang Desa Bujur Tengah Pamekasan dirancang dan dijadikan pegangan untuk
memperhatikan keinginan nasabah yang pada akhirnya harus melakukan langkah
pengembangan produk dengan cara menambah dan memodifikasi produk yang
ada. Strategi tersebut digunakan untuk mempermudah proses pengembangan
produk yang bertujuan untuk memberikan inovasi dan variasi produk kepada
nasabah di BMT Mawaddah.
Permasalahan atau fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi
pengembangan produk yang dilakukanpihak BMT Mawaddah Cabang Desa Bujur
Tengah Pamekasan?serta langkah-langkah apa sajayang dilakukan pihak BMT
Mawaddah Cabang Desa Bujur Tengah Pamekasan dalam mengembangkan
produk?.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahuistrategi
pengembangan produk yang dilakukan di BMT Mawaddah Cabang Desa Bujur
Tengah Pamekasan, serta untuk mengetahuilangkah-langkah apa saja yang
dilakukan pihak BMT Mawaddah Cabang Desa Bujur Tengah Pamekasan dalam
mengembangkan produk.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif,
informan adalah nasabah dan karyawan BMT Mawaddah. Sedangkan tekhnik
pengumpulan datanya yaitu dengan tekhnik wawancara, observasi dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwadalam menerapkan strategi
pengembangan produk, BMT Mawaddah memiliki strategi tertentu dalam
mencapai tujuan dan kesejahteraan bersama dengan menggunakan strategi untuk
mewujudkan pola pengembangan produk, strategi untuk menarik minat konsumen
terhadap produk baru yang ada, dan juga strategi pengembangan produkberdasarkan nilai Islam.Langkah-langkah yang diambil dalam mengembangkan
produk menghasilkan adanya penambahan produk baru dan pengembangan
produk lama menjadi produk yang lebih signifikan serta adanya tujuan jangka
panjang yang harus dicapai demi berkembangnya BMT Mawaddah secara
berkelanjutan.
Tidak tersedia versi lain