Text
KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI MA AL HAMIDY KARANG TENGAH PALENGAAN PAMEKASAN
Ali Yasin, 2017. Kepemimpinan Partisipatif Kepala Madrasah Dalam Peningkatan
Kinerja Guru Di MA Al Hamidy Karang Tengah Palengaan Pamekasan. Skripsi,
Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Dosen Pembimbing: Dr. H.
Taufiqurrahman, M. Pd.
Kata Kunci: Kepemimpinan partisipatif, Kinerja guru
Kepala MA Al Hamidiyah dalam membina dan meningkatkan
profesionalitas tenaga pengajar di lembaga tersebut berusaha bekerja sama dengan
guru dan staf dengan jalan saling membantu, mendorong dan memberikan
keyakinan kepada guru bahwa proses belajar mengajar harus diperbaiki demi
peningkatan mutu pendidikan di lembaga yang dipimpinnya. Peran kepala sekolah
sebagai pemimpin mencerminkan tanggung jawab dalam menggerakkan seluruh
sumber daya yang ada di sekolah dan lingkungan sekitar, sehingga lahir etos kerja
dan produktivitas yang tinggi dalam mencapai visi dan misi sekolah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sedangkan jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah fenomenologis,
artinya penulis memaparkan tentang fenomena-fenomena dari perilaku subjek
penelitian yang diamati. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama kepemimpinan partisipatif
kepala madrasah dalam peningkatan kinerja guru di MA Al Hamidy Karang
Tengah Palengaan Pamekasan yaitu a) Kepala madrasah memimpin lembaga
dengan efektif dan demokratis, b) Kepala madrasah membantu guru memperkaya
pengalaman mengajar, c) Kepala madrasah membimbing guru dalam memahami
masalah atau persoalan yang dibutuhkan siswa, d) Kepala madrasah membantu
guru dalam mengatasi kesulitan guru dalam mengajar, e) Kepala madrasah
membimbing guru baru dengan orientasi, f) Kepala madrasah membantu guru
memperoleh solusi yang lebih baik dalam kegiatan belajar mengajar. Kedua
peningkatan kinerja guru di MA Al Hamidy Karang Tengah Palengaan
Pamekasan yaitu a) Disiplin kerja, b) Mengembangkan potensi peserta didik, c)
Penerapan sikap disiplin atau pembiasaan di kelas, d) Penggunaan metode dan
media pengajaran yang sesuai, e) Menciptakan lingkungan belajar yang
menyenangkan. Ketiga kendala kepemimpinan partisipatif kepala madrasah dalam
peningkatan kinerja guru di MA Al Hamidy Karang Tengah Palengaan
Pamekasan yaitu a) Sebagian tenaga pengajar tidak sesuai dengan bidangnya, b)
Terkadang guru lalai dalam melaksanakan tugas yang telah disepakati, c)
Minimnya gaji guru honorer membuat guru lalai melaksanakan tugas, d) Kepala
madrasah kurang memiliki karisma dan jiwa kepemimpinan
Tidak tersedia versi lain