Text
UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR'AN PADA SISWA BERPRESTASI DI SMKN 1 PAMEKASAN
Ach Riyadi 2017, Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi
Kesulitan Membaca Al-Qur’an pada Siswa Berprestasi di SMKN 1 Pamekasan,
Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Jurusan Tarbiyah,
Progam Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pembimbing; Dr. Buna.i, S.Ag,
M.Pd.
Kata Kunci: Guru, Kesulitan Membaca, Siswa
Ada tiga pokok permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian
ini, yaitu: (1) Bagaimana upaya guru pendidikan agama islam dalam mengatasi
kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa berprestasi di SMKN 1 Pamekasan (2)
Apa saja hambatan yang dilakukan oleh guru pendidikan agama islam dalam
mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa berprestasi di SMKN 1
Pamekasan? (3) Apa solusi guru pendidikan agama islam dalam mengatasi
kesulitan membaca Al-Qur’an di SMKN 1 Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Data yang diperoleh yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik
pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
peneliti, dan triangulasi.
Hasil penelitian dapat peneliti simpulkan, Pertama, Upaya yang dilakukan
guru PAI antara lain: 1) melakukan bimbingan khusus baik secara individu
maupun berkelompok, 2) melakukan pendekatan langsung antar keduanya, 3)
melakukan latihan antar teman terkait bacaan Al-Qur’an, 4) memberikan beberapa
tugas terkait pembelajaran dalam Al-Qur’an. Kedua, Hambatan yang didapat guru
antara lain: 1) kurangnya pengayoman dan didikan yang didapat siswa di
lingkungan keluarga, 2) kurangnya keinginan siswa untuk belajar membaca AL-
Qur’an, 3) kurangnya pergaulan antar teman yang fashih dalam bacaan Al-
Qur’annya, 4) kurangnya waktu bagi pengajar untuk mengatasi kesulitan siswa
dalam membaca Al-Qur’an yang baik. Ketiga, solusi yang bisa dilakukan guru
PAI antara lain: 1) mengadakan tadarusan secara serentak antara guru dan siswa
bersama-sama saat pagi hari sebelum jam belajar dimulai, 2) memberikan
beberapa latihan terkait bacaan Al-Qur’an, seperti menghafalkan beberpa hukum
bacaan dalam Al-Qur’an yang bertujuan agar para siswa dapat memahami
bagaimana bacaan Al-Qur’an apabila dipraktekkan sesuai dengan hukum tajwid
dan makhraj yang benar, 3) menambahkan beberapa bidang yang mampu
menumbuh kembangkan kemampuan siswa dalam bacaan Al-Qur’an, seperti
ekstra kulikuler berupa tartil.
Tidak tersedia versi lain