Text
PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SEKOLAH DAAR NEGERI (SDM) LARANGAN LUAR II KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN PAMEKASAN
Syafiqur Rahman,2017, Penerapan Metode Bercerita dalam Meningkatkan Minat Belajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) Larangan Luar II Kec. Larangan Kab. Pamekasan. Progran Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr.H.Moh. Muchlis Solichin, M.Ag.
Kata Kunci: Metode Cerita, Minat Belajar
Penggunaan metode pembelajaran mejadi kebutuhan urgen dalam proses pembelajara. Sederhananya metode pembelajaran merupakan cara untuk memepermudah proses belajar mengajar secara efektif dan efisien. Hal ini tentunya sangat diperlukan sebuah metode yang akurat dalam proses pembelajaran, salah satunya metode cerita yang digunakan oleh guru dalam penyampaian materi.
Kondisi belajar mengajar yang efektif mensyaratkan adanya minat dan perhatian siswa dalam belajar. Minat menentukan sukses atau gagalnya usaha seseorang karena akan mendorong motivasi dalam mengikuti pelajaran. Kurangnya minat menyebabkan kurangnya konsentrasi, perhatian, dan usaha belajar seseorang, sehingga akan menghambat proses belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Metode Cerita dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Larangan Luar II Kec. Larangan Kab. Pamekasan. Penulis dalam penelitian ini menggukan metode penelitian kualitatif, Penelitian dilakukan karena peneliti ingin mengetahui bagaimana minat peserta didik dalam menggunakan metode bercerita di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Larangan Luar II Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan.
Selain itu, pendekatan deskriptif ini diharapkan oleh peneliti supaya lebih dekat dengan subyek yang akan diteliti serta lebih mudah untuk berinteraksi. Orientasi teoritik dan pendekatan ini berpijak pada fenominologis, dalam penelitian ini peneliti berusaha memahami arti peristiwa dan kaitan-kaitanya terhadap peserta didik dalam situasi tertentu, yang bertujuan untuk menghasilkan fakta-fakta yang dibutuhkan dalam penelitian.
Permasahan yang timbul ada dua pokok kajian dalam penelitian ini, Pertama, Bagaimana penerapan metode bercerita dalam meningkatkan minat belajar bidang study Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Larangan luar II Kec. Larangan Kab. Pamekasan. Kedua, Apa saja kendala dalam meningkatkan minat belajar bidang Study Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) larangan Luar II Kec. Larangan Kab. Pamekasan?
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, ketika metode cerita diterapkan, para peserta didik mayoritas mendengarkan atau berminat dalam proses asupan materi yang disampaikan oleh guru. Kedua, minoritas siswa mengalami dekadensi minat dalam proses belajar disebabkan kurangnya minat baca dan buku paket yang disediakan oleh Sekolah.
Tidak tersedia versi lain