Text
PEMBENTUKAN GAYA BELAJAR DI MA AL-ABROR BERRUH BLUMBUNGAN LARANGAN PAMEKASAN
Nurdiana, 2017, Pembentukan Gaya Belajar Di Ma Al-Abror Berruh Blumbungan Larangan Pamekasan, Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing Fathol Kholiq, M.Si
Kata kunci : Gaya, Belajar
Terdapat dua rumusan masalah dalam kajian ini. Pertama, Bagaimana Pembentukan Gaya Belajar Di Ma Al-Abror Berruh Blumbungan Larangan Pamekasan. Kedua, Apa saja faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembentukan Gaya Belajar di MA Al-Abror Berruh Blumbungan Larangan Pamekasan.
Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Adapun pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara bertahap. Pertama; pengumpulan data, kedua mereduksi data dengan menyeleksi dan mengelompokkan, ketiga display data, dan yang terakhir menyimpulkan data.
Hasil dari penelitian ini adalah. Pertama; proses pembentukan gaya belajar di MA Al Abror Berruh Blumbungan Larangan pamekasan yaitu : a) Pendekatan secara individu merupakan salah satu upaya dalam pembentukan gaya belajar. Artinya guru harus memahami minat dan kesukaan dalam belajar serta tingkah laku dalam aktifitas pembelajaran. b) Penggunaan metode dalam belajar. Hal ini dilakukan untuk menemukan dan membentuk gaya belajar setiap peserta didik. Karena setiap peserta didik mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda maka tidak semua peserta didik yang suka dalam metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. c) Metode yang digunakan dalam upaya pembentukan gaya belajar peserta didik antara lain : 1. metode tanya jawab dan diskusi membentuk gaya belajar auditori. 2. metode pemberian tugas belajar mandiri dan suka membaca membentuk gaya belajar visual. 3. metode praktek membentuk belajar kreatif yang lebih mengarah pada gaya belajar kinestetik. Kedua; Adapun faktor yang mempengaruhi pembentukan gaya belajar di MA Al-Abror Berruh Blumbungan Larangan Pamekasan antara lain : a) Faktor Siswa: Kurang mengertinya siswa pada gaya belajarnya sendiri sehingga hal ini tidak begitu diperhatikan. Faktor pendidikan dan cara mendidik siswa. Orang tua harus mengerti betul cara mendidik anak sehingga pembentukan gaya belajar anak dapat dihasilkan melalui proses pendidikan di rumah oleh orang tua. Lingkungan dan teman.
Berdasarkan hasil penelitian di lapangan yang didukung oleh konsep-konsep teoritis, maka terdapat beberapa saran yang perlu penulis sampaikan: Kepada guru, hendaknya mengetahui betul pribadi-pribadi siswa dan selalu memberikan motivasi dalam belajar. Serta menggunakan metode pembelajaran yang efektif sesuai dengan kemampuan siswa sehingga dengan metode pembelajaran yang baik dapat membentuk gaya belajar sesuai dengan kepribadian siswa itu sendiri.
Tidak tersedia versi lain