Text
UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI MA. NURUL IMAN SOGIAN OMBEN SAMPANG
Siti Muslimah, 2017, Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah
Penyalahgunaan Narkoba Di MA Nurul Iman Desa Sogian Kecamatan Omben Kabupaten
Sampang, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah
Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, Dosen Pembimbing: H. Mohammad
Hasan,M.Ag.
Kata Kunci: Upaya, Guru PAI, Narkoba
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena kenakalan siswa yang akhir-
akhir ini semakin mengkhawatirkan seperti penyalahgunaan narkoba. Dari permasalahan
tersebut para guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran untuk mencegah
penyalahgunaan narkoba dengan cara meningkatkan perilaku islami.
Ada tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana
peristiwa penyalahgunaan narkoba di MA Nurul Iman tersebut, 2) Bagaimana cara guru PAI
dalam menyelesaikan masalah penyalahgunaan narkoba, 3) Apa yang menjadi faktor
pendukung dan penghambat upaya guru Pai dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba di
MA Nurul Iman Sogian Omben Sampang ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif
fenomenologi. Tekhnik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah wawancara,
observasi, dan dokumentasi, kemudian untuk melihat keabsahannya dengan perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Adapun yang dijadikan informan
dalam penelitian ini adalah, Kepala sekolah, guru PAI, Siswa-siswi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru PAI dalam mencegah
penyalahgunaan narkoba di MA Nurul Iman Sogian Omben Sampang antara lain adalah 1)
Peristiwa penyalahgunaan narkoba terjadi karena dilatar belakangi oleh pengaruh lingkungan,
teman sebaya, dan kurangnya kepedulian atau pengawasan orang tua terhadap anaknya.
Karena sebagian besar orang tuannya memiliki kesibukan sehari-hari sebagai petani dan
pedagang daging sapi di pasar, sehingga orang tua jarang memperhatikan tumbuh kembang
anak serta pergaulannya sehari-hari. 2) Cara Guru PAI dalam menyelesaikannya yaitu dengan
cara mengadakan program-program rohani islami seperti mengadakan solat dhuha, solat
jumat, pesantren ramdhan, 3) Sedangkan faktor pendukung dan penghambatnya antara lain
adalah faktor internal yaitu faktor yang memang berasal dari diri siswa itu sendiri, faktor
eksternya yaitu meliputi lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah,
sedangkan faktor penghambatnya yaitu faktor internal terdiri dari terbatasnya sarana dan
prasarana sekolah, fasilitas dan waktu yang kurang memadai, kuranya kerjasama orang tua
dan guru, sedangkan faktor eksternalnya adalah nilai-nilai hidup dalam keluarga, masyarakat,
maupun lingkunag sekitar yang kurang mendukung.
Berdasarkan hasil penelitian diatas maka bagi orang tua hendaknya meluangkan
waktu untuk memperhatikan perkembangan anaknya, berusaha lebih dekat dengan sang anak,
dan bisa mengetahui pergaulan anaknya sehari-hari. Bagi seolah hendaknya menyediakan
media dan strategi untuk mempermudah dan memahami tentang bahay narkoba serta huuman
yang akan diterima dari pemerintah. Dan bagi anak hendaknya harus berhati-hati dalam
bergaul dengan teman-teman sekitanya.
Tidak tersedia versi lain