Text
Penerapan Customer Relationship Management Pada Anggota Financing Di BMT UGT Sidogiri Capem Pangendingan Pamekasan
ABSTRAK
Mohammad Sulaiman, 2017, Penerapan Customer Relationship Management Pada Anggota Financing Di BMT UGT Sidogiri Capem Pangendingan Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi Dan Bisnis Islam, Pembimbing: Dr. H. Mohammad Bashri Asyari, MA
Kata Kunci : Customer Relationship Management, Anggota Financing.
Manajemen hubungan pelanggan dalam dunia perbankan merupakan hal yang paling penting untuk diterapkan agar lembaga keuangan tersebut mampu menciptakan, mempertahakan, dan meningkatkan jumlah anggota supaya dengan peningkatan jumlah anggota dapat meningkatkan profitabilitas dari lembaga keuangan tersebut. Risiko manajemen akan mengakibatkan kepercayaan anggota pada bank yang bersangkutan akan menurun.
Berdasarkan hal tersebut, maka yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah bagimana penerapan (Planning, Organizing, Actuating, Controling) Customer Relationship Management pada anggota Financing di BMT UGT Sidogiri Capem Pangendingan Pamekasan ? dan bangaimana Efektifitas penerapan Customer Relationship Management dapat menjaga dan meningkatkan loyalitas anggota Financing di BMT UGT Sidogiri Capem Pangendingan Pamekasan ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui dokumentasi, observasi, wawancara. Informannya adalah Kepala Cabang, karyawan bagian A.O (Accounting Officer), dan para anggota Tabungan dan anggota Pembiayaan. Ketekunan data atau keajegan pengamatan, triangulasi, uraian rinci, pengecekan kebenaran informasi dan perpanjangan waktu penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan (Planning, Organizing, Actuating, Controling) CRM dapat dilakukan setelah BMT UGT Sidogiri mempersiapkan diri dan melengkapi kebutuhan untuk pelaksanaan, dan pengelompokan serta pelaksanaan, dan melakukan rapat untuk mengevaluasi dari penerapan CRM itu sendiri. Penerapan CRM dilakukan terlebih dahulu dalam lingkungan kerja yang akan mempermudah dalam menjalin hubungan dengan anggota, keberhasilan BMT UGT Sidogiri dapat dilihat dari loyalitas anggota, serta tingkat profitabilitas dan tingkat liquiditasnya, keberhasilan tersebut tentu tidak lepas dari indikator keberhasilan CRM, adapun indikator keberhasilan CRM yang di terapkan dalam BMT UGT Sidogiri kekompakan, kebersamaan, dan rasa memiliki, serta menghargai dan menghormati sesama karyawan. Peningkatan loyalitas anggota sebagai hasil dari penerapan menejemen hubungan pelanggan yang selalu memberikan pelayanan yang prima serta memfokuskan pada kepuasan anggota dan sehingga dari peningkatan loyalitas anggota tersebut akan meningkatkan jumlah anggota financng yang terjadi di BMT UGT Sidogiri Capem Pangendingan Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain