Text
STRATEGI GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DI MTS MIFTAHUL ULUM MADUKAWAN KECAMATAN PEGANTENAN KABUPATEN PAMEKASAN
Mohammad Amin 2017. Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas di sekolah MTs
Miftahul Ulum Madukawan Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan,
Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN
Pamekasan, Dosen Pembimbing: Drs. H. Moh Zaini, MM
Kata Kunci: Strategi, Guru, Pengelolaan Kelas
Ada tiga permasalahan yang menjadi pokok dalam kajian penelitian ini
yaitu: (1) Bagaimana bentuk pelaksanaan strategi yang digunakan guru dalam
pengelolaan kelas di MTs Miftahul Ulum Madukawan Pegantenan
Pamekasan? (2) Bagaimana kendala yang dihadapi guru dalam penerapan
strategi pengelolaan kelas di MTs Miftahul Ulum Madukawan Pegantenan
Pamekasan? (3) Bagaimana solusi guru dalam menghadapi masalah
pengelolaan kelas di MTs Miftahul Ulum Madukawan Pegantenan
Pamekasan ?
Pendekatan yang digunakan dalam Penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif, dengan jenis diskriptif, peneliti hadir ke lokasi penelitian untuk
mendapatkan data atau informasi. Dalam kegiatan penelitian ini meliputi
pengumpulan data dengan cara Observasi non partisipan, wawancara tidak
terstruktur kepada guru dan kepala sekolah dan siswa serta dokumentasi.
Dalam proses pengupulan data melalui langkah-langkah yaitu Reduksi data,
penyajian data (display data), verification. Maka untuk mendapatkan data
yang valid dilakukan pengecekan dengan menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian dapat peneliti simpulkan pertama, bentuk pelaksanaan
strategi yang digunakan guru dalam pengelolaan kelas di MTs Miftahul Ulum
Madukawan Pegantenan Pamekasan yaitu guru mempunyai persiapan
sebelum melaksanakan program belajar mengajar . Karena siswa itu harus
benar-benar paham, terlebih dahulu dalam mengingat. Dalam hal ini yang
dipersiapkan adalah materi dan seluruh perlengkapan kelas termasuk media,
papan, penataan bangku, serta alat-alat tulis laennya. Kalau tidak ada
persiapan maka akan kebingungan dalam menyampaikan meteri sehingga
dengan adannya persiapan sebelumnya dalam mengajar tidak melantur
kemana mana dan terarahkan. Dalam mengajar siswa harus menggunakan
cara-cara untuk memancing semangat murid dan memberikan motivasi
dengan cara yang sesuai dengan karekter siswa. Persiapan program belajar
mengajar yang dilakukan para guru di MTs Miftahul Ulum Madukawan
Pegantenan Pamekasan berupa metode dan media kedua, Apa saja kendala
atau masalah dalam penerapan strategi pengelolaan kelas di MTs Miftahul
Ulum Madukawan Pegantenan Pamekasan yaitu: (1) Faktor guru, Penampilan
fisik dan gaya mengajar yang kurang menarik dan cara penyampaian kurang
tepat pada anak didik. pengendalian emosi yang kurang tepat, tidak sabar.
Keterampilan komunikasi yang kurang efektif kepada siswa. (2) Faktor
Peserta didik, Kesulitan siswa dalam beradaptasi dengan lingkungan kelas
yang berubah atau baru. (3) Faktor Keluarga, Tingkah laku peserta didik
didalam kelas merupakan pencerminan keadaan keluarganya. Sikap otoriter
orang tua akan tercermin dari tingkah laku pseserta didik yang agresif atau
apatis. (4) Faktor Fasilitas, Jumlah peserta didik dalam kelas, Kelas yang
jumlah peserta didik besar sulit untuk dikelola. (5) Ketersediaan alat Jumlah
buku yang kurang atau alat lain yang tidak sesuai dengan jumlah peserta didik
yang membutuhkannya akan menimbulkan masalah dalam pengelolaan kelas.
ketiga, dalam mencari solusi atau jalan keluar dari kendala atau masalah
dalam penerapan strategi pengelolaan kelas dengan meminimalisir masalah
yang terjadi, karena jika sebuah permalahan itu dari fasilitas dan dari faktor
guru atau yang lainnya maka bagaimana agar masalah tersebut bisa di
tanggulangi dengan baik.
Tidak tersedia versi lain