Text
PERBANDINGAN PRESTASI KOQNITIF BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANTARA SISWA LULUSAN SD DENGAN SISWA LULUSAN MI DI SMP ISLAM NURUL HIKMAH LOMBANG GILI RAJA GILI GENTING SUMENEP
SURYANI,
2017,
PerbandinganPrestasiKognitifBelajarPendidikan
Agama
Islam
AntaraSiswaLulusan SD denganSiswanLulusan MI di SMP Islam NurulHikmahLombangGili
Raja GiliGentingSumenep, JurusanTarbiyah, Program StudiPendidikan Agama Islam,
Sekolahtinggi Agama Islam NegeriPamekasan, Pembimbing: Dr, Abd. Mukhid, M.pd.
Kata kunci :PerbandinganPrestasiKognitifBelajar, Pendidikan Agama Islam, SiswaLulusan SD
dan MI.
Latarbelakangpendidikansebelumnyaberpegaruhterhadapprestasikognitifbelajarsiswa,sis
wa yang berlatarpendidikanMI mungkinakanselalumendapatbimbinganpendidikan agama
berbedadengansiswalulusan SD mungkinmerekaterlalufokusterhadappelajaranumum.
Ada duapermasalahan yang menjadikajianpokokdalampenelitianini, yaitu, (1)
AdakahperbedaanprestasikognitifbelajarPendidikan Agama Islam antarasiswalulusan SD dan
MI di SMP Islam NurulHikmahLombangGili Raja GiliGentingSumenep?, (2)
SeberapabesarperbedaanprestasikognitifbelajarPendidikan Agama Islam antarasiswalulusan SD
dan MI di SMPI NurulHikmahLombangGili Raja GiliGentingSumenep?.
Dalampenelitianini,
penelitimenggunakanpendekatankuantitatifkompratif.Populasinyaadalahseluruhsiswa
SMP
Islam NurulHikmahLombangGili Raja KecamatanGiliGentingSumenep yang berjumlah 72
siswa,sehinggasubjek
yang
ditelitihanya
72
siswakarenakurangdari
100
orang
makapenelitimenggunakanpenelitianpopulasi.Adapunprosedurpengumpulan
data
yang
digunakanberupates,
dokumentasi,
dan
interview.Sedangkananalisisnyadata
menggunakananalisis
data
statistikdenganteknik
T-
teskomparatif,sebabpenelitianinimencariperbedaanprestasibelajarsiswa.
Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwadi
SMP
Islam
NurulHikmahini,
siswanyaberjumlah 72 yang terdiridarilulusan SD dan MI.Berdasarkananalisis data n=30 dengan
dk1 =29, makaharga t-tabeluntuksignifikan 1%= 2,762.n2=42. Harga t-tabeluntuksignifikan 1%
dengan dk2= 41=3,012. Jadiharga t-tabel yang digunakanadalah: (2,762 + 3,012)/2= 2,887,
selanjutnyaditambahdenganharga t yang terkecil. Jadi 2,887+2,762=5,649.Harga t=5,649
adalahsebagipenggantiharga t-tabel.
Dariperolehanperhitungandiketahuin1=30 dan n2=42 dengandk = n1+ n2 -2 =30 + 42 – 2=
70. Dengandk 70 dantarafkesalahan 5%, makadalamhaliniapabilatarafsignifikansinya>(0,05)
maka Ho ditolakdan Ha diterima. Ternyata t hitung 0,17adalah> (0,05). Dengandemikian Ho
ditolakdan
Ha
diterima.
Sehinggapenelitimempunyaikesimpulanapabilaterdapatperbedaanhasilbelajar PAI siswalulusan
SD denganMI.
Upaya meningkatkan prestasikognitifbelajar PAI di SMP Islam NurulHikmahadalah
sebagai berikut : a) Menambah program keagamaankepadasiswa, b) Guru agama
lebihpekaterhadappermasalahan
yang
menghambat
proses
pembelajaran,
siswadiharapkandapatikutsertadenganbaiksertaberpernaktif,
tujuanpembelajaranitusendiritercapai.
agar
c)
Tidak tersedia versi lain