Text
PENETAPAN METODE CERAMAH PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LEMBAGA SMA RAUDLATUL ULUM KAPEDI BLUTO SUMENEP
Fathorrohiem, 2017, Penerapan Metode Ceramah Pada Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam Di SMA Raudltul Ulum Kapedi.Skripsi,
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing:
Dr. H. Nor Hasan M.Ag
Katakunci:pendidikan agama Islam, metode ceramah,efektifitas
Dalam proses belajar mengajar sangat erat hubungannya dengan metode
pembelajaran, karena disadari atau tidak salah satu faktor yang menentukan
keberhasilan guru dalam mengajar adalah metode yang di terapkan oleh guru
tersebut. Keberhasilan implementasi strategi pembelajaran sangat tergantung pada
cara guru menggunakan metode pembelajaran pada saat proses belajar mengajar.
Ada tiga permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini,
pertama, penerapan metode ceramah pada pembelajaran pendidikan agama Islam
di SMA Raudlatul Ulum Kapedi Bluto Sumenep. Kedua, kelemahan dan
kelebihan penerapan metode ceramah di SMA Raudlatul Ulum Kapedi Bluto
Sumenep. Ketiga bagaimana efektifitas metode ceramah di SMA Raudlatul Ulum
Kapedi Bluto Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informannya adalah guru, siswa/i dan kepala sekolah. Sedangkan pengecekan ke
absahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti,
tringulasi.
Hasil penelitaian menunjukkan bahwa: pertama, penerapan metode
ceramah dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam terbilang mudah, cocok
untuk diterapkan pada pembelajaran pendidikan agama Islam, serta penerapan
metode ceramah tidak terlalu memerlukan media pembelajaran yang lengkap,
Selain itu pula penerapan metode ceramah dalam pembelajaran pendidikan agama
Islam di SMA Raudlatul Ulum benar-benar dilaksanakan. Kedua, terdapat
kelemahan dan kelebihan pada metode ceramah karena disadari dari setiap metode
pembelajaran patsi memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing.
Kelemahan dari metode ceramah cepat membuat siswa/i bosan karena guru hanya
menjelaskan saja, guru lebih aktif, penyampaian yang menoton. Sedangkan
kelebihan metode ceramah, murah dan mudah dalam penerapannya, guru dapat
memberikan pokok-pokok materi yang perlu di tonjolkan, dan mudah untuk
dipami oleh siswa/i. ketiga metode ceramah pada pembelajaran merupakan perihal
penting yang menjadi tujuan bagi setiap guru. Di SMA Raudlatul Ulum Kapedi
Bluto Sumenep menunjukkan bahwa metode ceramah efektif dalam
pembelajarannya, disebabkan perencanaan metode yang diterapkan kerap guru-
guru agama mempersiapkan nya dengan matang sebelum dilaksanakan, hal lain
dikarenakan adanya kesinambungan interaksi antara guru dan sisiwa/i yang baik.
Tidak tersedia versi lain