Text
KREATIVITAS MENGAJAR GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI TAMAN KANAK-KANAK AL-QUR'AN MATSARATUL HUDA PANEMPAN PAMEKASAN
Rahimah, 2017, Kreativitas Mengajar Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan
Moral Spiritual Peserta Didik Di TK Al-Quran Matsaratul Huda Panempan
Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Moh.
Hafid Effendy. M.Pd.
Kata kunci: kreativitas mengajar guru, kecerdasan moral spiritual.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah pengembangan kreativitas
mengajar guru dalam mengembangkan kecerdasan moral spiritual peserta didik di
TK al-Quran Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Ada tiga fokus yang
menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, cara mengembangkan
kreativitas mengajar guru dalam mengembangkan kecerdasan moral spiritual
peserta didik di TK al-Quran Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Kedua,
metode yang diterapkan guru dalam mengembangkan kecerdasan moral spiritual
peserta didik di TK al-Quran Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Ketiga,
kendala guru dalam mengembangkan kreativitas mengajar guru di TK al-Quran
Matsaratul Huda Panempan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah
TK al-Quran Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Sumber data diperoleh
melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan
keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, ketekunan
peneliti dalam mengamati, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, kreativitas mengajar guru
dalam mengembangkan kecerdasan moral spiritual di peroleh guru melalui
banyak membaca reperensi tentang mengajar yang baik, mengikuti seminar atau
KKG setiap bulannya. Kedua, metode yang diterapkan oleh guru dalam
mengembangkan moral spiritual peserta didik di TK al-Quran Matsaratu Huda
Panempan Pamekasanmenunjukkan hasil yang baik. Ketiga, kendala yang
dihadapi guru dalam mengembangkan kreativitas mengajarnya antara lain:
ketidaksamaan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik, kurangnya dukungan
oleh orang tua peserta didik dan lingkungan yang kurang mendukung peserta
didik dalam mengembangkan kecerdasan moral spiritualnya.
Tidak tersedia versi lain