Text
MOTIVASI BELAJAR SANTRI MUKIM DAN SANTRI KALONG DI MADRASAH TSANAWIYAH SUMBER MAS GANDING SUMENEP
Sandi Teguh MAulana, 2016, Motivasi Belajar Santri Mukim Dan Santri Kalong Di
Madrasah Tsanawiyah Sumber Mas Ganding Sumenep, Skripsi, Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
(STAIN) Pamekasan, Pembimbing: Dr. H. Moh. Muchlis Solichin, M.Ag.
Kata Kunci: Motivasi, Belajar, Santri
Tujuan pendidikan tidak akanlepas dari peranan seorang guru disekolah. Bagaimana
cara guru menumbuhkan minat dan motivasi belajar disekolah. Tidak hanya guru yang bijak
sana ataupun yang profesionan, namun kondisi santri tersebut juga berpengaruh dalam
tercapainya keberhasilan. Dengan demikian, motivasi mempunyai peran yang sangat
signifikan dalam menunjang keberhasilan santri dalam belajarnya. Motivasi ini baik berupa
motivasi yang timbul dari dalam diri santri itu sendiri maupun motivasi yang timbul dari luar
individu itu seperti motivasi yang diberikan oleh guru, orang tua, teman sejawatnya dan lain
sebagainya.
Fokus Penelitian Ini, ada dua : Pertama, Bagaimana bentuk motivasi belajar santri
mukim dan santri kalongan di Madrasah Tsanawiyah Sumber Mas Ganding Sumenenp?.
Kedua. Apa saja factor pendukung dan penghambat motivasi belajar santri mukim dan santri
kalong di Madrasah Tsanawiyah Sumber Mas Ganding Sumenep?
Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis fenomenologis. Prosedur
pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data
adalah Kepala Sekolah, Guru, Santri Mukim dan Santri Kalong. Analisis data melalui
pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, pengamatan,
triangulasi dan uraian rincian. Penelitian ini berlangsung dari tanggal 01 April 2016 sampai
dengan 27 April 2016.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Bentuk Motivasi Belajar Santri Mukim dan Santri
Kalong Di Madrasah Tsanawiyah Sumber Mas Ganding Sumenep dengan memberikan
semangat mereka untuk mengenyam pendidikan mereka agar dapat merubah nasib
keluarganya. Namun ada juga sebagian dari mereka yang termotivasi karena adanya
dorongan dari orang tua yang sering kali menasehati mereka dan juga dorongan itu tak lepas
dari keadaan lingkungan sekitar yang sering kali memicu mereka. (2) Sedangkan faktor
pendukung yang ikut mempengaruhi motivasi belajar para santri. Bentuk-bentuk faktor
pendukung diantaranya yaitu berasal dari dalam diri santri itu sendiri dan berasal dari luar
seperti orang tua dan guru sehingga mereka termotivasi untuk belajar. Bentuk penghambat
yang ditemui adalah kurang semangatnya santri untuk belajar karena disebabkan oleh faktor
fisik ataupun kesehatan santri yang kurang baik. Maka dilakukanlah upaya seperti
memberikan motivasi lebih pada santri berupa dukungan dan masukan pada santri
Tidak tersedia versi lain