Text
Efektivitas Manajemen Kurikulum PAI di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula Darul Hikmah Desa Durbuk Kecamatan Pademawu.
IBNU, 2016, Efektivitas Manajemen Kurikulum PAI di Madrasah Diniyah
Takmiliyah Ula Darul Hikmah Desa Durbuk Kecamatan Pademawu, Skripsi,
Program Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah: Pembimbing: Dr. H. Saiful
Hadi, M. Pd.
Kata kunci: Manajemen, kurikulum PAI, dan Madrasah Diniyah Takmiliyah
Manajemen Kurikulum PAI di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula Darul
Hikmah Desa Durbuk Kecamatan Pademawu merupakan upaya lembaga dalam
mengelola kurikulum PAI guna menciptakan proses pembelajaran yang optimal.
Penelitian ini difokuskan pada: (1) Bagaimana perencanaan kurikulum
PAI. (2) Bagaimana pengorganisasian kurikulum PAI di Madrasah Diniyah
Takmiliyah Ula Darul Hikmah Desa Durbuk Kecamatan Pademawu. (3)
Bagaimana pelaksanaan kurikulum PAI di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula
Darul Hikmah Desa Durbuk Kecamatan Pademawu. (4) Bagaimana evaluasi
kurikulum PAI di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula Darul Hikmah Desa Durbuk
Kecamatan Pademawu.
Dalam penelitian ini lokasi yang dipilih adalah Madrasah Diniyah
Takmiliyah Ula Darul Hikmah Desa Durbuk Kecamatan Pademawu. Pendekatan
penelitianya menggunakan penedekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, dan
sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber
data dari jenis manusia adalah kepala madrasah, guru, siswa, dan pengasuh.
Sumber data yang berupa non-manusia adalah dokumen-dokumen yang berkaitan
dengan kurikulum. Analisis data menggunakan pengecekan, pengorganisasian,
dan pengkodean. Untuk menguatkan data dan hasil penelitian yang diperoleh
peneliti melakukan perpanjangan kehadiran peneliti dilLapangan, observasi yang
diperdalam, triangulasi, pembahasan sejawat, pengecekan anggota.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama: perencanaan kurikulum
PAI di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula Darul Hikmah Desa Durbuk
Kecamatan Pademawu terlaksana secara tidak formal serta apa saja yang menjadi
rencana kebutuhan akan kurikulum hanya terdapat sebagian dari banyak
komponen yang harus ada dalam kurikulum PAI, namun pihak madrasah sudah
merencanakan upaya menyempurnakan kekurangan tersebut. Kedua:
Pengorganisasian kurikulum PAI terdapat pembagian tugas mengajar guru dan
materi yang akan diajarakan oleh masing-masing guru, pembagian waktu atau
jadwal pelajaran kurang terkoordinasi dengan baik. Ketiga: pelaksanaan
kurikulum PAI berjalan dengan materi, sumber, dan sarana yang minim melalui
proses belajar mengajar berdasarkan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya.
Keempat: evaluasi kurikulum PAI melalui kegiatan akhir tahun (musabaqah), dan
pengawasan /observasi sehari-sehari yang secara etik dapat mengetahui
keberhasilan belajar siswa.
Tidak tersedia versi lain