Text
Strategi Pemasaran Produk Pada Kelas Sosial (Studi Kasus di Baitul Maal Wat Tamwil(BMT) Sumber Mas Ganding Sumenep),
ABSTRAK
Afandi, 2016, Strategi Pemasaran Produk Pada Kelas Sosial (Studi Kasus di Baitul Maal Wat Tamwil(BMT) Sumber Mas Ganding Sumenep), Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: H. Mohammad Bashri Asyari, MA.
Kata Kunci:Strategi Pemasaran, Kelas Sosial
Lingkungan sosial merupakan salah satu variabel yang cukup besar pengaruhnya terhadap kebijakan-kebijakan perusahaan. Kebijakan yang diterima oleh lingkungan pada suatu daerah tertentu mungkin ditolak di daerah lain. Atau yang dapat dijalankan pada suatu waktu tertentu, mungkin tidak dapat dilaksanakan lada kurun waktu berikutnya.BMT Sumber Mas Ganding merupakan lembaga keuangan yang berada di pedalaman yang memiliki beragam kelas sosial masyarakat (nasabah) yang berbeda-beda. Tentunya dengan beragam kelas sosial yang berada di sekitar, BMT Sumber Mas memiliki tantangan tersendiri dalam memasarkan produknya.
Fokus dalam penelitian ini adalahbagaimana klasifikasi kelas sosial nasabah BMT Sumber Mas Ganding? dan bagaimana strategi pemasaran produk pada kelas sosial yang diterapkan oleh BMT Sumber Mas Ganding?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Informannya adalah manajer, karyawan dan nasabahBMT Sumber Mas Ganding. Analisis data dengan cara pengecekan data dan pengelompokan data. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasidan perpanjangan waktu penelitian, dan metode analisis kasus negatif..
Hasil penelitian menunjukkan bahwamayoritas nasabahnya termasuk pada golongan kelas sosial menengah ke bawah dan klasifikasi kelas sosial yang dilakukan oleh BMT Sumber Mas masih menggunakan tehnik manual dengan memetakan nasabahnya menjadi kelompok-kelompok, yaitu berdasarkan pendidikan, pendapatan dan pekerjaan. Strategi pemasaan yang dilakukan oleh BMT Sumber Mas yaitu dengan memilih, merumuskan pasar yang dituju yaitu menggunakan strategi segmenting, targeting dan positioning. Selain itu, dengan mengembangkan marketingmix atau bauran pemasaran yang terdiri dari empat unsur yaitu produk, harga, distribusi dan promosi, yang mana dengan menggunakan perumusan strategi pemasaran tersebut bertujuan untuk menarik nasabah dan mempertahankan nasabah yang sudah ada.
Tidak tersedia versi lain