Text
Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di MTs Negeri Pademawu Pamekasan.
Kustantinah Fajarwati Ningsih, 2016, “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat
Baca Siswa di MTs Negeri Pademawu Pamekasan” Skripsi, Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
Pamekasan (STAIN). Pembimbing: Drs.H.Saiful Arif, M.Pd
Kata Kunci: Upaya Guru, Meningkatkan Minat Baca
Dalam penelitian ini, maka ada dua fokus yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana cara yang dilakukan guru untuk
meningkatkan minat baca siswa di MTs Negeri Pademawu Pamekasan. kedua, apa
saja hambatan yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan minat baca siswa di
MTs Negeri Pademawu Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah kepala madrasah, guru, serta siswa dan siswi di MTs Negeri
Pademawu Pamekasan. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data,
dan verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data yang dilakukan
peneliti melalui perpanjangan keikut-sertaan, ketekunan peneliti, triangulasi dan
analisis kasus negatif.
Berdasarkan hasil penelitian melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi menunjukkan bahwa: Pertama, cara yang dilakukan guru dalam
meningkatkan minat baca siswa di MTs Negeri Pademawu Pamekasan yaitu, 1)
ketika saat pelajaran guru memberi kesempatan kepada siswa untuk membaca
buku seperti yang tercantum dalam langkah - langkah kegiatan pembelajaran di
RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), 2) ada sebagian guru waktu mengajar
membawa buku dan diletakkan di masing-masing sudut ruang kelas (sudut baca)
yang ada di kelas untuk dibaca ketika ada waktu, 3) ketika guru tidak masuk atau
berhalangan hadir maka guru piket harus menggantinya dengan memanfaatkan
buku yang ada di sudut baca ataupun memberikan tugas untuk membaca buku
ataupun mengerjakan tugas pelajaran menggunakan media yang ada di
perpustakaan.
Kedua, hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan minat baca
siswa di MTs Negeri Pademawu Pamekasan yaitu: 1) kelas unggulan minat
bacanya tinggi dan siswa yang malas hanya sedikit, sedangkan di kelas reguler
tingkat kemalasannya rata-rata tinggi hanya sebagian siswa yang mempunyai
minat untuk membaca masing-masing di kelas VII maupun di kelas VIII, 2) siswa
juga kurang memperhatikan tugas guru ketika disuruh untuk membaca sehingga
membuat kurang mencintai buku, 3) saat di rumah orang tua untuk menyuruh
anak membaca itu lemah atau kurang optimal sehingga anak tidak terbiasa untuk
membaca dan untuk meningkatkan minat baca siswa baik bacaan yang bersifat
pelajaran maupun bukan pelajaran itu sulit untuk dilakukan.
Tidak tersedia versi lain