Text
PENGARUH POLA ASUH KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SUMENEP
Rizki Mauliana, 2016, Pengaruh Pola Asuh Keluarga terhadap Minat Belajar
Pendidikan Agama Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Sumenep, Skripsi, Program
Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing : Dr. Hj. Mariatul Qibtiyah Harun AR.,
M.Ag.
Kata Kunci: Pola Asuh Keluarga, Minat Belajar Pendidikan Agama Siswa
Keluarga merupakan lembaga pertama sebagai pembinaan anak. Anak
akan tumbuh dan berkembang dalam lingkup keluarga . Baik buruknya anak
merupakan salah satu dampak pendidikan keluarga terhadap perkembangan anak.
Orang tua dituntut agar bertingkah laku yang baik. Maka keluarga haruslah
menanamkan nilai-nilai agama kepada anak, karena pendidikan agama dalam
keluarga bertujuan memberikan dasar-dasar pengetahuan agama dan memberikan
bekal kecakapan hidup yang nantinya akan membentuk insan kamil.
Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat anak dalam proses
pembelajaran di sekolah adalah pola asuh dalam keluarga. Hal itu mempunyai
peran dalam membentuk pribadi anak.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Adakah Pengaruh Pola Asuh
Keluarga terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Siswa di SMA
Muhammadiyah 1 Sumenep. Kedua, Seberapa besar Pengaruh Pola Asuh
Keluarga terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Siswa di SMA
Muhammadiyah 1 Sumenep. Sedangkan tujuan penelitian ini, pertama, untuk
mengetahui adanya Pengaruh Pola Asuh Keluarga terhadap Minat Belajar
Pendidikan Agama Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Sumenep, kedua, untuk
mengetahui besarnya Pengaruh Pola Asuh Keluarga terhadap Minat Belajar
Pendidikan Agama Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Sumenep.
Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan sifat
penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA
Muhammadiyah 1 Sumenep dengan jumlah 700 siswa. Kemudian diambil sampel
dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling.
Mengambil 10% di tiap tingkatan kelas, sehingga menjadi 70 siswa yang diteliti.
Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi
Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, ada pengaruh pola asuh
keluarga terhadap minat pendidikan agama siswa di Sma Muhammadiyah 1
Sumenep. Hal ini dapat diketahui dari hasil “r” hitung yang nilainya lebih tinggi dari
pada harga kritik “r” product moment, baik pada interval kepercayaan 95%
(0,235) dan 99% (0,306). Hasil “r” hitung adalah 0, 916. Kedua, Pengaruh latar
pola asuh keluarga terhadap minat pendidikan agama siswa di Sma
Muhammadiyah 1 Sumenep adalah tinggi. Hal ini terbukti bahwa niali r hitung 0,
916 berada di antara rentang angka berada di angka 0,800 s/d 1,000 termasuk
kategori interpretasi tinggi
Tidak tersedia versi lain