Text
Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di SMPN 1 Pamekasan
Miadi, 2016. Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kesulitan
Belajar Siswa Di SMPN 1 Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program
Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Dosen Pembimbing:
Drs. H. Saiful Arif, M.Pd
Kata Kunci: Guru Bimbingan dan Konseling, Kesulitan Belajar
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini.
Pertama, Program yang direncanakan oleh guru bimbingan dan konseling sebagai
upaya dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMPN 1 Pamekasan. Kedua,
pelaksanaan program yang direncanakan oleh guru bimbingan dan konseling
sebagai upaya dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMPN 1 Pamekasan,
dan Ketiga, evaluasi pelaksanaan dari program yang direncanakan oleh guru
bimbingan dan konseling sebagai upaya dalam mengatasi kesulitan belajar siswa
di SMPN 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptip, Sedangkan yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kepala
sekolah, guru bimbingan dan konseling, siswa SMPN 1 Pamekasan. dalam
pengumpulan data menggunakan tehnik Interview (wawancara), observasi dan
dokumentasi, tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis
dengan cara mendeskripsikan data. Tehnik pengecekan keabsahan data
menggunakan perpanjangan kehadiran peneliti, Ketekunan pengamatan,
Triangulasi.
Adapun hasil penelitiannya adalah Pertama, program yang direncanakan
oleh guru bimbingan dan konseling sebagai upaya dalam mengatasi kesulitan
belajar siswa di SMPN 1 Pamekasan adalah, 1) konseling individu, 2) konseling
kelompok atau bimbingan kelompok dan guru BK dalam memberikan pelayanan,
melakukan kerjasama dengan personil sekolah, termasuk dengan guru mata
pelajaran, wali kelas, dan orang tua siswa. Kedua, pelaksanaan program yang
direncanakan oleh guru bimbingan dan konseling sebagai upaya dalam mengatasi
kesulitan belajar siswa di SMPN 1 Pamekasan adalah pelaksanaan bimbingan
individu bisa dilaksanakan dalam kelas, di ruang BK atau ditempat lain yang
sekiranya siswa bisa menerima bimbingan, pelaksanaan bimbingan individu tidak
ada jadwal khusus, karena program ini siswa yang mendatangi guru BK untuk
meminta bimbingan kepada guru BK, sedangkan pelaksanaan konseling
kelompok atau bimbingan kelompok dilaksanakan dalam kelas dengan waktu
yang sudah terjadwal. Dalam memberikan pelayanan, guru BK bekerja sama
dengan guru mata pelajaran dan wali kelas, juga bekerja sama dengan orang tua
siswa. Ketiga guru BK melaksanakan evaluasi kepada siswa dari jangka pendek
sampai jangka panjang, jangka pendeknya mulai dari 1 minggu setelah
pelaksanaan bimbingan, sampai satu bulan setelah bimbingan. Namun dalam
jangka panjangnya kadang tidak dilaksanakan, karena liburan semester
Tidak tersedia versi lain