Text
PENERAPAN PEMBELAJARAN OUTDOOR ACTIVITY DI RAUDATUL ATHFAL (RA) AR-ROZZAQ KECAMATAN BLUTO KABUPATEN SUMENEP
Fina Fatilah, 2016, Penerapan Pembelajaran Outdoor Activity di Raudatul
Athfal (RA) Ar-Rozzaq Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep, Skripsi, Program
Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan,
Pembimbing: Dr. Edi Susanto, M.Fil. I
Kata Kunci: Pembelajaran, Pembelajaran Outdoor Activity
Dalam penelitian ini, ada tiga fokus yang menjadi kajian pokok dalam
penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana persiapan dalam pembelajaran outdoor
activity di RA Ar-Rozzaq Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Kedua,
Bagaimana pelaksanaan pembelajaran outdoor activity di RA Ar-Rozzaq
Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Ketiga, Bagaimana hasil belajar siswa
dalam penerapan pembelajaran outdoor activity di RA Ar-Rozzaq Kecamatan
Bluto Kabupaten Sumenep.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif dikarenakan data yang diambil berupa kata-kata bukan angka.
Pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, Observasi dan
dokumentasi. Informannya adalah guru, dan kepala Sekolah (kepala RA). Analisis
data meliputi reduksi data, display data dan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamatan, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, guru di RA Ar-Rozzaq
telah melakukan persiapan terlebih dahulu sebelum proses pembelajaran outdoor
activity dilakukan. Yang dipersiapkannya meliputi RPP (yang menyangkut materi
pembelajaran, metode pembelajaran, dan media), bahan, tempat, kesiapan peserta
didik, karena sangat berpengaruh pada proses pembelajarannya dan juga hasil
yang dicapai. Kedua, Pembelajaran outdoor activity dilaksanakan di RA Ar-
Rozzaq untuk menghilangkan kejenuhan anak ketika belajar. Tujuannya untuk
pengembangan kecerdasan majemuk juga untuk meningkatkan kecerdasan anak
dari segi spiritualnya, guru masukkan nilai-nilai keagamaan misal mengenai siapa
yang menciptakan alam dan benda yang ada disekitar. Metode bermain yang
digunakan dalam pembelajaran ini. Sedangkan media yang digunakan adalah
lingkungan langsung. Faktor penghambatnya cuaca yang buruk (hujan), anak-
anak yang sulit untuk dikendalikan dan difokuskan. Dan faktor pendukungnya
adalah pembelajaran ini memberikan banyak pengalaman pada anak dan guru
lebih kreatif dalam mendesain pembelajaran. Dengan adanya pembelajaran
outdoor activity ini anak-anak senang dan antusias dalam mengikuti pelajaran.
Ketiga, banyak hal yang diperoleh anak dalam pembelalajaran outdoor ini
diantaranya dapat melatih fisik motorik kasar anak, anak akan lebih mengenal
langsung hal yang nyata tentang lingkungannya, anak juga dapat mengenal
berbagai benda yang Allah ciptakan, hal itu juga akan meningkatkan kecerdasan
spiritual anak dan pembelajaran itu jadi menyenangkan dan bermakna
Tidak tersedia versi lain