Text
PERAN SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-AMIN BUGIH PAMEKASAN
Akhmad Khairul Saleh, 2016, Peran Sekolah Dalam Mengembangkan Budi
Pekerti Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Al-Amin Bugih
Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan
Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan,
Pembimbing: Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag.
Kata Kunci: Peran Sekolah, Budi Pekerti, Peserta Didik
Madrasah Tsanawiyah Al-Amin Bugih Pamekasan merupakan sebuah
lembaga islam yang dinaungi oleh pesantren. Melalui dukungan masyarkat
lembaga ini dapat berdiri dibawah naunagn Departemen Agama (DEPAG).
Lembaga ini memadukan pelajaran umum dan kepesantrenan sehingga harapan
4utama dari berdirinya lembaga ini yaitu untuk mengedepankan pendidikan akhlak
agar dapat mencetak peserta didik sesuai dengan Visi yang diharapkan yaitu
mencetak generasi Qur’ani yang Ber-IMTAQ dan Ber-IPTEK. Sehingga motto
yang ditanamkan yaitu :
ْْْْْْْْ
ْْْْْْْْْ
ْْْْْْ
ْْْْْْْْ
ْْْْْْْْْْ
ْْْْْْْْْ
ْْْْْْْْْ
ْْْْْْْْ
Paling utamanya ilmu yaitu Akhlak dan paling utmanya perbuatan (amal) yaitu
akhlak.
Sehingga dengan motto yang ada masyarakat sekitar tertarik untuk ikut
sertakan putra dan putrinya dalam prosesi pendidikan khususnya ke lembaga
Madrasah Tsanawiyah Al-Amin Bugih Pamekasan ini.
Fokus Penelitian Ini, ada tiga : Pertama, Bagaimana budi pekerti peserta
didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Amin Bugih Pamekasan?. Kedua, Apa saja
yang telah dilakukan sekolah dalam mengembangakan budi pekerti peserta didik
di Madrasah Tsanawiyah Al-Amin Bugih Pamekasan ?. Ketiga, Hambatan apa
saja yang dihadapi sekolah dalam mengembangkan budi pekerti peserta didik di
Madrasah Tsanawiyah Al-Amin Bugih Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis fenomenologis.
Prosedur pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Sumber data adalah Kepala Sekolah, Guru-guru, Peserta didik.
Analisis data melalui pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan
keikutsertaan , ketekunan, pengamatan, triangulasi dan uraian rincian. Penelitian
ini berlangsung dari tanggal 14 Januari 2016 sampai dengan 10 Maret 2016.
Hasil penelitian menunjukkan Budi pekerti siswa di Madrasah Tsanawiyah
Al-Amin Bugih Pamekasan dapat dikatakan sudah cukup baik. Melihat melalui
adanya pelajaran pembiasaan dengan menerapkan pembelajaran kitab, pembacaan
yasin dan pemberian nasehat dari pengajar yang dilkasanakan 1 minggu 1 kali.
Untuk mengatasi faktor yang mempengaruhi hati nurani peserta didik sehingga
buruknya budi pekerti. Maka lembaga melaksanakan pelajaran pembiasaan
dengan menerapkan pembelajaran kitab “tarbiyatus sibyan” selain itu, juga
melakukan pendekatan diantaranya: (1) diadakannya acar-acara keagamaan (2)
mengawasi setiap perkembangan peserta didik dan (3) melaksanakan pendidikan
akhlaqul karimah dalam setiap pelajaran. Dalam mengatasi permasalahan yang
timbul dalam pengembangan budi pekerti peserta didik para guru maka
melakukan rapat rutin, shering, perbaikan, menegur, serta melakukan pengawasan
Tidak tersedia versi lain