Text
POLA PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM BETTET PAMEKASAN
Rusiana, 2017, Pola Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Miftahul
Ulum Bettet Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI),
Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing : Dr. H. Saiful Hadi, M. Pd.
Kata Kunci : Pembentukan Karakter, Santri, Pondok Pesantren.
Pendidikan karakter adalah pendidikan budi pekerti plus, merupakan
program pengajaran yang bertujuan mengembangkan watak peserta didik dengan
cara menghayati nilai-nilai dan keyakinan masyarakat, perbuatan moral dalam
hidupnya melalui kejujuran dapat dipercaya, dan disiplin.
Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat empat permasalahan yang
menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu : Pertama, Bagaimana pola
pembentukan karakter Santri putri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet
Pamekasan. Kedua, Apa tujuan pembentukan karakter santri putri di Pondok
Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan. Ketiga, Apa Faktor penghambat
dalam upaya pembentukan karakter santri putri di Pondok Pesantren Miftahul
Ulum Bettet Pamekasan. keempat,Apa Faktor pendukung dalam upaya
pembentukan karakter santri putri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Adapun jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif, penelitian
deskriptif merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk menyelidiki keadaan,
yang hasilnya dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian seperti apa adanya.
Dimana sumber data yang di peroleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sedangkan yang menjadi informannya adalah pengurus Pimpinan 1
dan pimpinan 2, pengurus/ustadzah asrama dan pengurus kopontren, santri.
Pengecekan keabsahan data di lakukan melalui perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pola sama dengan kata gaya dan
model, pembentukan adalah proses melakukan perubahan. Dalam proses
pembentukan karakter santri dapat dilihat melalui aktifitas atau kegiatan-kegiatan
sehari-hari yang dilaksanakan oleh para santri dengan kegiatan tersebut karakter
santri dilakukan dan dibentuk,seperti kegiatan-kegiatan sholat berjemaah,
membaca yasin bersama, piket kerja bakti, tadarrus al-qur’an, sekolah baik
sekolah umum maupun sekolah diniyah, tadarrus al-qur’an dan belajar kitab,
musyawarah, gerak batin, sholawat bersama, praktek sholat. (2) Tujuan dalam
pembentukan karakter di pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet di sesuaikan
dengan tujuan pondok yaitu:Tafaqquh Fiddin (mendalami ilmu agama), akhlaqul
karimah dan tertanamnya nilai-nilai karakter kejujuran, toleransi, solidaritas,
keadilan, kedisiplinan, tanggung jawab, gemar membaca, komunikatif, kerja
keras dan mandiri, religius. (3) faktor penghambat Dalam membentuk karakter
para santri masih terdapat sebagian santri ada yang tidak patuh terhadap peraturan
dan sangsi bagi yang melanggar.(4) Faktor pendukung dalam membentuk karakter
santri meliputi lingkungan yang kondusif dan strategis keteladanan, motivasi,
nasehat dan sangsi dari pengurus.
Tidak tersedia versi lain