Text
Pendidikan Akhlak Dalam Membentuk Spiritual Quotient Siswa Di MA Al-Qadiry Sentol Pademawu Pamekasan.
Akh. Ahsanul Muarif 2016, Pendidikan Akhlak Dalam Membentuk Spiritual
Quotient Siswa Di MA Al-Qadiry Sentol Pademawu Pamekasan, skripsi, sekolah
tinggi agama islam negeri pamekasan, jurusan tarbiyah, program studi pendidikan
agam islam, pembimbing: Dr. H. Zainuddin Syarief, M. Ag.
Kata kunci: pendidikan aqidah akhlak dalam membentuk spiritual quotient siswa
Dalam penelitian ini ada tiga fokus pemersalahan yang menjadi kajian
utama, yaitu (1). Bagaimana pembelajaran Aqidah akhlaq dalam membangun
karakter siswa di Madrasah Aliyah Al-Qodiry Sentol Pademawu? (2). Faktor-
faktor apa saja yang mendorong guru untuk mengembangkan pembelajaran
Aqidah akhlaq dalam membangun karakter siswa di Madrasah Aliyah Al-Qodiry
Sentol Pademawu? (3).Upaya apa saja yang dilakukan oleh guru aqidah akhlaq
dalam membangun karakter siswa di Madrasah Aliyah Al-Qodiry Sentol
Pademawu?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu
(1). Untuk
mendiskripsikan bagaimana pembelajaran aqidah akhlaq dalam membangun
karakter siswa di Madrasah Aliyah Al-Qadiry Sentol Pademawu. (2). Untuk
mengidentifikasi faktor-faktor yang dilakukan seorang pendidik dalam
mengembangkan pembelajaran aqidah akhlaq dalam membangun siswa di
Madrasah Aliyah Al-Qadiry Sentol Pademawu. (3). Untuk mengetahui upaya apa
saja yang dilakukan guru akidah akhlak dalam membangun karakter siswa di
Madrasah Aliyah Al-Qodiry Sentol Pademawu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif,
data diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan
menggunkan anlisis data yaitu pemilihan, pengorganisasian, dan klarifikasi data
yang sesuai dengan fokus yang diambil. Teknik pengecekan keabsahan data
melalui perpanjanagn keikut sertaan, ketekuanan pengamatan, triangulasi,
kanalisis kasus negative, dan uraian rinci.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: pertama, Di MA Al-Qadiry Sentol
Pademawu Pamekasan benar adanya tentang penanaman spiritual quotient yang di dasari
dengan pemaparan seorang guru kepada siswa tentang akhlak-akhlak terpuji yang di
dasari dari mata pelajaran aqidah akhlak. Serta ketika palaksanaan pembelajaran
pendidikan kahlak di kelas X maupun kelas XI berjalan dengan baik, hal ini dibuktikan
dengan antusiasnya pendidik maupun yang di didik dalam kegiatan pembelajaran
pendidikan akhlak dan seringkali guru juga menanamkan rasa solidaritas pada
siswa dalam kehidupan sehari-hari
Kedua, Di MA Al-Qadiry Sentol Pademawu Pamekasan benar adanya penggunaan
metode ceramah dan metode yang menarik minat belajar siswa dalam kegiatan
pembelajaran pendidikan aqidah akhlak. Guru seringkali memberikan metode yang
menarik agar siswa tidak terasa jenuh dan merasa senangdalam pemeblajaran pendidikan
aqidah akhlak. Selain itu guru seringkali memberikan praktek berprilaku baik dengan
mencontohkan seorang tokoh agama maupun tokoh pemimpin yang mempunyai akhlakul
karimah yang baik. Serta adanya ketertarikan siswa dalam pembelajaran pendidikan
akhlak yaitu, benar adanya dan dibuktikan ketika di dalam kelas siswa memperhatikanapa yang disampaikan oleh guru dan juga siswa berperan aktif dan bersemangat ketika
proses pembelajran berlangsung.
Ketiga, Faktor pendukung yang terdapat di sekolah MA AL-Qadiry dalam
pendidikan akhlak berupa program sekolah yang wajib di ikuti oleh semua siswa dan
adanya selogan yang menanamkan sifat moral siswa dalam mengontrol prilaku siswa
sehari-harinya. Dan dari segi pelajaran terdapat metode-metode yang dapat menarik minat
belajar siswa sehingga dengan faktor itulah kegiatan pembelajaran berjalan sesuai dengan
apa yang diharapakan, khususnya bagi guru dan siswa itu sendiri dan hambatan yang
seringkali dialami oleh guru yaitu sebagian dari siswa yang nakal akibat pergaulan diluar
sekolah. Sedangkan dari siswa kurangnya sarana kegiatan pemebelajaran yang terdapat
dis ekolah dalam mendukung kegiatan pemeblajaran pendidiakn akhalak.
Tidak tersedia versi lain