Text
PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPI AS-SUHUF TLANAKAN PAMEKASAN
Abstract
Badrus Syamsi , 2017 Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi
Belajar Pendidikan Agama Islam di SMPI As-Suhuf Tlanakan Pamekasan,
Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), STAIN Pamekasan, Pembimbing
Dr. Abd. Mukhid, M.Pd.
Kata kunci : Minat, Belajar, Siswa, Prestasi, Pendidikan Agama Islam.
Ada dua pokok permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian
ini yaitu: (1) Adakah Pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar
Pendidikan Agama Islam di SMPI As-Suhuf Tlanakan Pamekasan.? (2) Seberapa
besar Pengaruh Minat Belajar siswa terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama
Islam di SMPI As-Suhuf Tlanakan Pamekasan.?
Minat adalah suatu rasa lebih suka dan rasa keterikatan pada suatu hal atau
aktifitas, sedangkan Belajar pada hakekatnya adalah proses penguasaan sesuatu
yang di pelajari. Penguasaan itu dapat berupa memahami (mengerti), merasakan
dan dapat melakukan sesuatu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat statistik
atau angka-angka korelasional, maka peneliti dalam mendapatkan informasi dan
data peneliti menggunakan metode atau cara penggunaan angket, dan
dokumentasi dengan Variabel X adalah pengaruh Minat Belajar Siswa dan
variabel Y adalah Prestasi Belajar Pendidikan agama Islam, serta yang menjadi
populasinya adalah siswa kelas VII, VIII dan IX yang berjumlah 102 kemudian
sampel yang diambil 35 siswa dari 102 dengan sampling proportional Random
sampling dan menggunakan metode analisis dengan rumus product moment.
Ada pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar pendidikan
agama Islam di SMPI As-Suhuf Tlanakan Pamekasan. Hal ini terbukti bahwa
nilai “r” kerja 0,770 lebih tinggi dari pada nilai “r” tabel. Nilai r tabel dengan
N=36 dalam interval kepercayaan 95% dan 99% di peroleh nilai sebesar ,0,329
dan 0,424. Besarnya pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar pendidikan
agama Islam di SMPI As-Suhuf Tlanakan Pamekasan adalah cukup tinggi. Hal ini
terbukti dengan hasil konsultasi ”r” kerja 0,770 dengan tabel interpretasi nilai yang
berada dalam rentang nilai 0,600 sampai 0,800 dengan nilai interpretasi cukup.
Tidak tersedia versi lain