Text
KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MIFTAHUL KHAIR CENLECEN PAKONG PAMEKASAN
Riskiyah, 2016, Keterampilan Guru dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Menengah
Kejuruan Miftahul Khair Cenlecen Pakong Pamekasan, Skripsi, Program Studi
PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. H. Moh. Muchlis Solichin, M.Ag.
Kata kunci: Keterampilan Guru, Pendidikan Agama Islam.
Adanya perbedaan kemampuan siswa dan perbedaan status sosial budaya siswa
adalah faktor yang sangat menghambat dalam proses belajar mengajar. Bagaimana
keterampilan mengajar yang dilakukan oleh guru begitu diperlukan agar guru dapat
melaksanakan perannya dalam pengelolaan proses pembelajaran pendidikan agama,
sehingga pembelajaran tersebut dapat berjalan secara efektif dan efisien. Disisi lain
keterampilan guru merupakan syarat mutlak agar guru dapat mengimplementasikan
sebagai strategi dalam proses belajar mengajar. Yang mana rendahnya keberhasilan
belajar PAI dari aspek hasil ditunjukkan kurang optimalnya hasil belajar siswa. Sehingga
hal ini berpengaruh pada belum tercapainya ketuntasan belajar dan perubahan perilaku
siswa. Dari permasalahan tersebut, maka guru mata pelajaran PAI di Sekolah Menengah
Kejuruan Miftahul Khair Cenlecen Pakong Pamekasan melakukan alternative tindakan
untuk meningkatkan belajar terampil siswa melalui keterampilan guru dalam
pembelajaran PAI.
Ada 3 (tiga) fokus peneliitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini,
yaitu: (1) Bagaimana kemampuan guru dalam pembelajaran PAI di Sekolah Menengah
Kejuruan Miftahul Khair Cenlecen Pakong Pamekasan, (2) Bagaimana upaya
meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran PAI di Sekolah Menengah
Kejuruan Miftahul Khair Cenlecen Pakong Pamekasan, (3) Apa saja kendala guru dalam
pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Kejuruan Miftahul Khair Cenlecen Pakong
Pamekasan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Kemampuan guru dalam
pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Kejuruan Miftahul Khair Cenlecen Pakong
Pamekasan, (2) Upaya meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran PAI di
Sekolah Menengah Kejuruan Miftahul Khair Cenlecen Pakong Pamekasan, (3) Kendala
guru dalam pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Kejuruan Miftahul Khair Cenlecen
Pakong Pamekasan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data
penelitian ini adalah guru mata pelajaran PAI dan beberapa siswa kelas XI. Prosedur
pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah ketekunan
pengamatan, triangulasi, analisis kasus negatif, uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keterampilan guru dalam
pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Kejuruan Miftahul Khair Cenlecen Pakong
Pamekasan. Guru PAI menggunakan prinsip (a) motivasi (b) diskusi (c) penugasan (d)
kooperatif (e) menemukan (f) pemecahan masalah dan (g) modelling. Pengaruh
pendukung dan penghambat keterampilan guru dalam pembelajaran PAI di Sekolah
Menengah Kejuruan Miftahul Khair Cenlecen Pakong Pamekasan. (a) sarana dan
prasarana yang memadai, (b) minat belajar siswa, (c) profesionalitas guru. Sedangkan
penghambat pembelajaran PAI adalah (a) adanya perbedaan kemampuan siswa, (b)
adanya perbedaan status sosial siswa, (c) adanya sebagian siswa yang enggan
mengemukakan pendapat, dan (d) masih ada sebagian siswa yang malu bertanya
meskipun kurang dan bahkan tidak mengerti terhadap materi pembelajaran yang
disampaikan guru.
Tidak tersedia versi lain