Text
UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDI DARUL ULUM POLAGAN GALIS PAMEKASAN
ABSTRAK
Azizatur Rohmah, 2017, Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar
Peserta Didik Di SDI Darul Ulum Polagan Galis Pamekasan, Skripsi, Program
Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama
Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Muhammad Jamaluddin, M.Pd.
Kata kunci: upaya guru, kesulitan belajar
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu:
(1) apa saja jenis-jenis kesulitan belajar bagi peserta didik di SDI Darul Ulum
Polagan Galis Pamekasan. (2) upaya apa saja yang dilakukan guru dalam
mengatasi kesulitan belajar peserta didik di SDI Darul Ulum Polagan Galis
Pamekasan. (3) bagaimana keberhasilan dari upaya guru dalam mengatasi
kesulitan belajar peserta didik di SDI Darul Ulum Polagan Galis Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya
adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara,
observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan pemilihan,
penyederhanaan dan transformasi yang kasar yang muncul dari catatan tertulis di
lapangan, sehingga menjadi lebih fokus sesuai dengan obyek penelitian. Setelah
analisis data dilakukan barulah ditarik kesimpulan. Data yang diperoleh di cek
keabsahannya dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan, pertama, jenis-jenis kesulitan belajar bagi
peserta didik di SDI Darul Ulum Polagan Galis Pamekasan. (1) bentuk kesulitan
belajar dalam hal berbicara dan berbahasa yaitu ketidakpahaman dalam
mengucapkan kata-kata dengan tepat dan ketidakmampuan mengekspresikan
pikiran dan gagasan melalui bahasa yang baik dan benar, serta lambat dalam
pemahaman bahasa yang masih tergolong lemah. (2) bentuk kesulitan belajar
dalam hal membaca yaitu penghilangan kata atau huruf, pembalikan huruf, kurang
memperhatikan tanda baca, ragu-ragu dan tersendat-sendat, penyelipan kata dan
penggantian kata. (3) bentuk kesulitan belajar dalam hal menulis yaitu dalam
menulis ejaan mengalami kesulitan, tulisan hasil pendektian cenderung berantakan
karena faktor ingatan peserta didik masih tergolong lemah, Tidak bisa
menempatkan huruf kapital dengan benar, kurang memahami konsep spasi,
kekeliruan dalam teknik memegang alat tulis. (4) bentuk kesulitan belajar dalam
hal berhitung yaitu rendahnya kemampuan peserta didik dalam memahami dasardasar
dan simbol-simbol matematika seperti perkalian, pembagian, penambahan,
pengurangan serta nilai tempat. Kedua, upaya yang dilakukan guru dalam
mengatasi kesulitan belajar peserta didik di SDI Darul Ulum Polagan Galis
Pamekasan. (1) upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar
peserta didik dalam hal berbicara dan berbahasa yaitu membiasakan diri peserta
didik untuk lebih aktif dalam menyampaikan pendapatnya, membiasakan peserta
didik berkomunikasi dengan teman sejawatnya melalui diskusi kelas, memberikan
perlakuan khsusus atau pendampingan secara individu atau kelompok. (2) upaya
yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik dalam hal
membaca yaitu membiasakan latihan membaca secara terus menerus dengan
bimbingan dari guru secara individu ataupun kelompok yang diadakan di
vi
perpustakaan sekolah, memberikan motivasi, serta bimbingan dari orang tua. (3)
upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik dalam
hal menulis yaitu memberikan perbaikan dalam menulis ejaan yang tepat,
memberikan pelatihan pada saat didikte, memberikan bimbingan untuk
memahami konsep spasi dan penggunaan huruf kapital, serta memperbaiki cara
memegang alat tulis. (4) upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan
belajar peserta didik dalam hal berhitung yaitu memberikan pembiasaan hafalan
perkalian, bimbingan dan perlakuan khusus baik secara individu ataupun
kelompok terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan dalam hal berhitung.
Ketiga, keberhasilan dari upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta
didik di SDI Darul Ulum Polagan Galis Pamekasan. (1) keberhasilan dari upaya
guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik dalam hal berbicara dan
berbahasa yaitu sudah ada kemajuan dalam berbicara dan berbahasa, gagasan
yang diucapkan sudah jelas dan tersusun dengan baik, mencapai indeks prestasi
seperti peserta didik yang lain. (2) keberhasilan dari upaya guru dalam mengatasi
kesulitan belajar peserta didik dalam hal membaca yaitu peserta didik lancar
membaca, sudah memahami tanda baca, tidak ragu-ragu dan tidak tersendatsendat
ataupun tidak ada kekeliruan kata. (3) keberhasilan dari upaya guru dalam
mengatasi kesulitan belajar peserta didik dalam hal menulis yaitu ketika menulis
ejaan peserta didik sudah ada kemajuan sehingga kata yang ditulis oleh peserta
didik sudah tepat ejaannya, lancar ketika didikte, penulisannya tidak berantakan,
bisa menempatkan huruf kapital dan huruf kecil dengan benar, dan mencapai
indeks prestasi diatas KKM. (4) keberhasilan dari upaya guru dalam mengatasi
kesulitan belajar peserta didik dalam hal berhitung yaitu peserta didik sudah bisa
memahami simbol-simbol dan dasar-dasar matematika seperti penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian, serta memahami nilai tempat.
Tidak tersedia versi lain