Text
KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK ANAK MENURUT PEMIKIRAN HAFIDZ HASAN AL-MAS'UDI DALAM KITAB TAISIRU AL-KHALLAQ FI ILMI AL-AKHLAQ
Aminol Rosid Abdullah, 2017, Konsep Pendidikan Akhlak Anak Menurut Pemikiran Hafidz
Hasan al-Mas’udi dalam Kitab Taisîru al-Khallâq fi ‘Ilmi al-Akhlâq, Skripsi, Program Studi
PAI, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing : Dr. H. Taufiqurrahman, M.Pd.
Kata Kunci :konsep dan pendidikan akhlak anak
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini, yaitu: pertama, mengetahui pemikiran Hafidz Hasan al-Mas’udi dalam
Kitab Taisîru al-Khallâq fi ‘Ilmi al-Akhlâqtentang pendidikan akhlak anak; kedua,
mengungkap kelebihan dan kekurangan pemikiran Hafidz Hasan al-Mas’udi dalam Kitab
Taisîru al-Khallâq fi ‘Ilmi al-Akhlâqmengenai pendidikan akhlak anak;ketiga,
mengidentifikasi relevansi pendidikan akhlak anak menurut pemikiran Hafidz Hasan al-
Mas’udi dalam Kitab Taisîru al-Khallâq fi ‘Ilmi al-Akhlâq terhadap pendidikan sekarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan dengan tujuan memahami
permasalan secara mendalam guna menemukan pola, hipotesis, atau teori mengenai konsep
pendidikan akhlak anak menurut pemikiran Hafidz Hasan al-Mas’udi dalam kitab Taisîru al-
Khallâq fi ‘Ilmi al-Akhlâq. Sumber data diperoleh secara primer dan sekunder. Sumber yang
bersifat primer yaitu kitab Taisîru al-Khallâq fi ‘Ilmi al-Akhlâq yang original dan terjemahan.
Sedangkan sumber data yang bersifat sekunder, yaitu kitab-kitab yang relevan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pemikiran Hafidz Hasan al-Mas’udi
dalam Kitab Taisîru al-Khallâq fi ‘Ilmi al-Akhlâq tentang pendidikan akhlak anak adalah
(menghiasi diri dengan sifat-sifat
terpuji dan menyucikan diri dari sifat-sifat tercela); kedua, kelebihan dan kekurangan
pemikiran Hafidz Hasan al-Mas’udi dalam Kitab Taisîru al-Khallâq fi ‘Ilmi al-
Akhlâqmengenai pendidikan akhlak anak ialahmemiliki kelebihan dengan penyusunan perbab
yang sitematis sehingga dalam mengajarkan dan belajar terhadap isi dari kitab Taisîru al-
Khallâq fi ‘Ilmi al-Akhlâqmengenai pendidikan akhlak anakmudah dipahami, mengenalkan
anak akan sang Pencipta, menguatkan iman dan menjadikan ahklak anak menjadi akhlak
yang mulia, mengenalkan anak akan perannya dalam kehidupan di dunia sehingga kelak
dapat hidup bahagia di akhirat, mengenalkan anak akan perannya di antara sesama makhluk
hidup sehingga dapat bertanggung jawab didalam kehidupan dunia dan akhirat, mengenalkan
anak bagaimana interaksi yang baik dalam kehidupan didunia, baik ketika di lingkungan
sekolah, rumah, atau masyarakat. Sedangkan kekurangannya ialah dalam mengutip ayat al-
qur’an tidak dicantumkan surahnya, Ketika mengutip hadits tidak dicantumkan perawinya,
hanya sebagian saja yang mencantumkan tetapi tidak keseluruhan (ada sanad dan rawi), dan
tidak dicantumkannya bab tentang cinta pada tanah air atau negara. ; ketiga, relevansinya
dengan pendidikan sekarang ialah penanaman akhlak sejak dini untuk menghasilkan generasi
yang tidak hanya berkemampuan untelektual yang yang tinggi, akan tetapi juga memiliki
akhlak yang mulia.
Tidak tersedia versi lain