Text
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di Madrasah Aliyah Az-Zubair Desa Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan
Sutrisno, 2016, “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi
Kenakalan Siswa di Madrasah Aliyah Az-Zubair Desa Larangan Tokol Kecamatan
Tlanakan Kabupaten Pamekasan”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Moh. Hafid
Effendy, M.Pd.
Kata kunci: strategi, pendidikan agama Islam, kenakalan siswa.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi guru dalam mengatasi kenakalan
sangat berarti, karena penanggulangan dalam berbagai kenakalan khususnya
peserta didik harus diatasi sejak dini baik dalam lingkup keluarga maupun sekolah.
Guru PAI dalam rangka menanggulagi kenakalan mempunyai peranan yang sangat
berarti dalam membentuk karakter peserta didik, karena dalam keseharianya guru
PAI langsung berinteraksi dengan siswa.
Berdasarkan konteks penelitian, fokus penelitian ini: 1) bagaimana bentuk
kenakalan siswa di Madrasah Aliyah Az-Zubair Larangan Tokol Tlanakan
Pamekasan? 2) bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi
kenakalan siswa di Madrasah Aliyah Az-Zubair Larangan Tokol Tlanakan
Pamekasan? 3) bagaimana faktor penghambat dan pendukung guru pendidikan
agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di Madrasah Aliyah Az-Zubair
Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan?
Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui; interview atau wawancara, observasi
partisipan, dan dokumentasi. Informannya adalah guru agama, guru BK dan siswa.
Sedangkan pengecean keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan
keikutsertaan peneliti, ketekunan/keajekan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk kenakalan siswa yang
terjadi dibagi menjadi dua kelompok yaitu: a) kenakalan berat, seperti berkelahi di
lingkungan sekolah, mencuri, minum-minuman keras, mengedar dan memakai
narkoba, dan lain sebaginya, b) kenakalan ringan, seperti; membuat gaduh di kelas,
terlambat, tidak mengerjakan tugas, bolos sekolah, tidak memakai seragam sekolah,
merokok di lngkungan sekolah dan lain sebaginya. 2) Strategi menanggulangi
kenakalan siswa di Madrasah Aliyah Az-Zubair Larangan Tokol adalah dengan
cara preventif, refresif, dan kuratif. 3) Faktor pendukung guru agama dalam
mengatasi kenakalan siswa adalah: “a) pemahaman tentang ajaran agama, b) adanya
kerja sama anatara guru PAI dengan guru BK, guru lainnya, kepala sekolah dan
karyawan sekolah, c) kerja sama guru dengan orang tua, dan d) kesadaran dari siswa
untuk selalu mematuhi dan melaksanakan tata tertib di lingkungan sekolah”. Faktor
penghambat guru agama dalam mengatasi kenakalan siswa adalah: “a) kurang
adanya kesadaran orang tua terhadap pendidikan anak, b) kurangnya pengawasan
orang tua terhadap kehidupan dan pergaulan anak di masyarakat, c) semakin
banyaknya program televisi yang tidak mendidik, dan d) kurangnya kesadaran dari
beberapa siswa untuk mematuhi tata tertib dan peraturan sekolah.
Tidak tersedia versi lain