Text
Nilai-nilai Islami dalam Practical Life di TKIT Al-Uswah Pamekasan.
ABSTRAK
Eko Purwanto, 2017, Nilai-nilai Islami dalam Practical Life di TKIT Al-Uswah Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negri (STAIN) Pamekasan, Pembimbing: Dr. H. Zainuddin Syarif, M.Ag
Kata Kunci: Nilai-nilai Islami, Practical Life
Skripsi ini membicarakan tentang nilai-nilai Islami yang ada dalam kegiatan Practical Life yang ada di lembaga pendidikan Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Al-Uswah Pamekasan. dalam penelitian ini ada beberapa masalah yang dibahas oleh peneliti. Pertama, tentang kegiatan Practical Life di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Al-Uswah Pamekasan. Kedua, cara menerapkan Nilai-nilai Islami dalam kegiatan Practical Life di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Al-Uswah Pamekasan. Ketiga, faktor kendala yang dihadapi dalam menerapkan Practical Life di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Al-Uswah Pamekasan. dan Keempat, cara atau solusi mengatasi kendala yang di hadapi dalam menerapkan Practical Life di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Al-Uswah Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, sebagian guru, siswa, orang tua siswa, dan kegiatan Practical Life serta dokumen yang berkaitan dengan kegiatan tersebut di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Al-Uswah Pamekasan. Sedangkan teknik yang digunakan untuk mengecek akredibilitas data, yaitu dengan perpanjagan kehadiran peneliti, observasi mendalam, triagulasi, uraian rinci, dan analisis kasus negatif.
Dari hasil penelitian dapat dipaparkan: Pertama, beberapa bentuk kegiatan Practical Life di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Al-Uswah Pamekasan adalah segala bentuk pembiasaan keterampilan hidup praktis untuk membentuk karakter siswa yang mandiri dan Islami, seperti cuci tangan, makan dan minum dalam keadaan duduk, membuang sampah pada tempatnya, adab berjalan dan berbicara, menggunakan peralatan/barang, dan lainnya. Kedua, cara menerapkan Nilai-nilai Islami dalam kegiatan Practical Life yaitu dengan mengintegrasikan segala bentuk kegiatan di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Al-Uswah Pamekasan dengan nilai ajaran agama Islam. Dan menjadikan Rasulullah sebagai Role model, teladan yang harus diikuti oleh siswa. Ketiga, faktor kendala yang dihadapi dalam menerapkan Practical Life adalah kurangnya perhatian dan kurangnya partisipasi orang tua siswa dalam mengawasi anak dirumah juga menjadi salah satu faktor yang dapat menghambat pencapaian belajar siswa. Keempat, solusi untuk menghadapi kendala tersebut adalah dengan memberikan kegiatan pertemuan orang tua murid dan guru (POMG) untuk memberikan pembinaan tentang perkembangan anak dan yang harus dipelajari oleh anak baik di sekolah atau di rumah. Hal tersebut dikenal dengan istilah Parenting. Serta pembinaan guru yang dilakukan untuk membentuk kompetensi profesional guru.
Tidak tersedia versi lain