Text
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA AL-FALAH AL- ISLAMI DESA BANCELOK KECAMATAN JRENGIK KABUPATEN SAMPANG
Quratul Aini 2016, Implementasi Pembelajaran Efektif Pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam Di sekolah Madrasah Aliyah ( MA) Al-falah
Al-Islami Desa Bancelok Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang,
Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah,
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing
Dr. Siswanto, M.Pd.I
Kata Kunci : Pembelajaran Efektif , Pendidikan Agama Islam
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu:
(1)Bagaimana kemampuan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran
efektif pada mata pelajaran pendidikan agama islam di MA Al-falah Al-Islami
Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang.( 2) Bagaimana keterlibatan siswa dalam
implementasi pembelajaran efektif pada mata pelajaran pendidikan agama islam
di MA Al-falah Al-Islami Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang. (3) Apa faktor
pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran efektif pada mata
pelajaran pendidikan agama islam di MA Al-falah Al-Islami Kecamatan Jrengik
Kabupaten Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya
adalah deskriptif, data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi diolah dan dianalisis secara deskriptif, kemudian data yang diperoleh
dicek keabsahannya dengan ketekunan pengamatan, perpanjangan kuikutsertaan,
dan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan guru dalam
mengimplemntasikan pembelajaran Efektif pada pendidikan Agama Islam. Guru
MA Al-Falah Al-Islami Bancelok Jrengik Sampang, guru dalam menerapkan
pembelajaran didalam kelas berjalan dengan baik seperti yang diterapkan. guru
mengusai kelas dan menguasai materi yang disampaikan kepada siswa sehingga
siswa tersebut meningkatkan pembelajaran efektif khususnya dalam pendidikan
agama islam dalam bidang pembelajaran ini tidak diragukan lagi dengan
kemampuan yang
mereka miliki. (2) Keterliban siswa dalam
mengimplementasikan pembelajaran efektif pada pendidikan agama islam.
Keterliban siswa dalam proses pembelajaran berjalan secara efektif. Mengikut
serta siswa dalam penyampaian pembelajaran tidak hanya difokuskan pada guru
saja akan tetapi melibatkan siswa dalam penyampaian dengan metode-metode
ceramah, diskusi, Tanya jawab yang cukup aktif dan berjalan secara efektif. (3)
Faktor pendukung dalam pembelajaran. Faktor pendukung dari keberhasilan
siswa didukung oleh motivasi dan kemauan dari dirinya sehingga akan
menciptakan pembelajaran yang efektif. Antusias siswa akan dilakukan dengan
bekerja sama antara guru dan siswa agar proses belajar mengajar berjalan dengan
baik dan lancar. Faktor penghambat tentunya pasti ada di semua lembaga
pendidikan , karena yang menjadi dasar utama penghambat di MA Al-Falah Al-
Islami itu tergantung dari setiap siswa, karena kemampuan dan kualitas yang
dimiliki siswa itu berbeda-beda dan memiliki semangat yang berbeda. Dan juga
faktor dari sarana prasarana, dan juga orang tua, memberikan motivasi diri sendiri
adalah sebagai faktor tercapainya sukses belajar siswa, oleh sebab itu faktor diri
siswa itu menjadi utama.
Tidak tersedia versi lain