Text
Penerapan Penilaian Berbasis Kelas Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Muhammadiyah 1 Pamekasan.
Mas’udi Hermansyah, 2016, Penerapan Penilaian Berbasis Kelas Pada Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Muhammadiyah 1
Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing,
Dr. Siswanto, M.Pd.I
Kata kunci : Penerapan Penilain Berbasis Kelas, Mata Pelajaran PAI
Penerapan penilaian berbasis kelas pada mata pelajarn pendidikan agama
Islam yaitu suatu kegiatan pengumpul informasi tentang proses dan hasil belajar
siswa yang dilakukan oleh guru yang bersangkutan sehingga penilaian tersebut
akan mengukur apa yang hendak di ukur dari siswa. Penilaian berbasis kelas
dilaksanakan dengan berbagai cara seperti, penilaian unjuk kerja (performance),
penilaian sikap, penilaian tertulis, penilaian proyek, penilaian produk, penilaian
melalui kumpulan hasil karya peserta didik dan penilaian diri.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu : Pertama, Bentuk penilaian berbasis kelas apa
saja yang digunakan dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA
Muhammadiyah 1 Pamekasan, Kedua, Hambatan apa saja yang dihadapi dalam
penerapan penilaian berbasis kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
(PAI) di SMA Muhammadiyah 1 Pamekasan. Ketiga, bagaimana cara mengatasi
hambatan yang dihadapi dalam penerapan penilaian berbasis kelas pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Muhammadiyah 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif,
sumber data yang diperoleh dengan hasil wawancara, dokumentasi dan
pengamatan. Lokasi yang dipilih yaitu di SMA Muhammadiyah 1 Pamekasan.
4Informannya adalah kepala sekolah SMA Muhammadiyah 1 Pamekasan, Guru
Pendidikan Agama Islam (PAI) Pengajar kelas dua dan tiga, dan siswa.
Sedangkan Analisis datanya yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan
kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan keabsahan dilakukan melalui ketekunan
pengamatan, triangulasi, Adapun tahapan penelitian yaitu tahap pra-lapangan,
tahap pekerja lapangan, dan tahap analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama : Bentuk penilaian berbasis
kelas yang digunakan dalam mata pelajaran pendidikan Agama Islam (PAI) yaitu,
penilaian tertulis, penilaian performance dan penilian sikap, serta penilaian
praktek. Kedua : hamabatan yang dihadapi dalam penerapan penilaian berbasis
kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI) yaitu karena waktu yang
diberikan untuk mengerjakan soal hanya sedikit soal yang diberikan guru terlalu
banyak, dalam mengerjakan soal atau tugas yang diberikan guru. Ketiga :
Bagaiamana upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan yang dihadapi
dalam penerapan penilaian berbasis kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam(PAI) yaitu guru menyuruh siswa untuk belajar di rumah.
Agar penerapan penialain berbasis kelas dapat berjalan dengan lancar
seharusnya guru memberikan waktu yang cukup untuk siswa menjawab soal yang
diberikan dan soal yang diberikanpun tidak terlalu sulit dan terlalu banyak.
Tidak tersedia versi lain