Text
“Kinerja Guru Tersertifikasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di MTs Hidayatul Mubtadiin Kadur Pamekasan.”
Mutoharatun, 2016. “Kinerja Guru Tersertifikasi Dalam Meningkatkan Prestasi
Belajar Siswa Di MTs Hidayatul Mubtadiin Kadur Pamekasan.”
Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan. Pembimbing,
Bapak H. Saiful Arif, M.Pd.
Kata Kunci : Kinerja, Guru Tersertifikasi, Prestasi Belajar Siswa.
Penelitian ini memiliki dua fokus yang menjadi kajian utama peneliti
yaitu: pertama, bagaimana kinerja guru tersertifikasi dalam meningkatkan prestasi
4belajar siswa di MTs Hidayatul Mubtadiin Kadur Pamekasan. Kedua, faktor-
faktor yang mempengaruhi kinerja guru tersertifikasi dalam meningkatkan
prestasi belajar siswa di MTs Hidayatul Mubtadiin Kadur Pamekasan.
Adapun tujuan pokok yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
pertama, untuk mendeskripsikan kinerja guru tersertifikasi dalam meningkatkan
prestasi belajar siswa di MTs Hidayatul Mubtadiin Kadur Pamekasan. Kedua,
faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru tersertifikasi dalam meningkatkan
prestasi belajar siswa di MTs Hidayatul Mubtadiin Kadur Pamekasan .
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Prosedur pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi yang kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan
analisis data kualitatif. Informannya adalah guru tersertifikasi, kepala sekolah dan
siswa. Sedangkan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan peneliti,
ketekunan pengamatan peneliti dan triangulasi.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, kinerja guru
tersertifikasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Hidayatul
Mubtadiin Kadur Pamekasan sudah baik karena guru merencanakan kegiatan
pembelajaran melalui pembuatan RPP dan mengimplementasikan RPP melalui
penggunaan metode yang bervariasi, pemanfaatan media dan pelaksanaan
evaluasi. Kedua, faktor-faktor yang mendukung kinerja guru tersertifikasi dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Hidayatul Mubtadiin Kadur
Pamekasan adalah faktor kreativitas dan kedisiplinan guru. Sedangkan faktor yang
menghambat kinerja guru tersertifikasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa
yaitu minimnya sarana dan prasarana yang ada di madrasah, semangat (motivasi)
siswa dalam belajar yang berbeda-beda dan perhatian orang tua yang kurang.
Tidak tersedia versi lain