Text
PENGEMBANGAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 3 PAMEKASAN
Rummanah, 2017. Pengembangan Sikap Toleransi Beragama Melalui Pembelajaran PAI Di SMK Negeri 3 Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Dosen Pembimbing: Drs. H. Saiful Arif, M.Pd
Kata Kunci:Toleransi Beragama, Pendidikan Agama Islam
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, cara guru dalam mengembangkan sikap toleransi beragama melalui pembelajaran PAI di SMK Negeri 3 Pamekasan. Kedua, faktor pendukung dalam pengembangan sikap toleransi beragama melalui pembelajaran PAI di SMK Negeri 3 Pamekasan, dan Ketiga, faktor penghambat dalam pengembangan sikap toleransi beragama melalui pembelajaran PAI di SMK Negeri 3 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptip, Sedangkan yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru, siswa SMK Negeri 3 Pamekasan. Dalam pengumpulan data menggunakan tehnik Interview (wawancara), observasi dan dokumentasi, tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan cara mendeskripsikan data. Tehnik pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, Ketekunan pengamatan, Triangulasi.
Adapun hasil penelitiannya adalah Pertama, cara guru dalam mengembangkan sikap toleransi beragama melalui pembelajaran PAI di SMK Negeri 3 Pamekasan adalah, 1). Memberikan pesan nasehat pentingnya sikap toleransi beragama, serta mengkaitkan materi yang sama dengan toleransi beragama, 2). Memberikan kesempatan yang sama pada siswa non muslim, 3). Guru PAI memperkaya wawasan tentang materi toleransi bergama, 4). Memberi pemahaman bahwa perbedaan tidak menghalangi untuk berteman dan saling membantu, 5). Menanamkan rasa saling percaya terhadap siswa non muslim maupun siswa muslim, 6). Memberikan rasa saling pengertian dan pemahaman kepada siswa bahwa memahami bukan serta menyetujui dan mengikuti. Kedua,faktor pendukung dalam pengembangan sikap toleransi beragama melalui pembelajaran PAI di SMK Negeri 3 Pamekasan yaitu, 1). Guru PAI menggunakan berbagai media yang tidak menyinggung siswa non muslim seperti buku paket PAI dan LCD, 2). Respon yang baik dari siswa non muslim dan siswa muslim yang tetap belajar meski dalam perbedaan, 3). Siswa non muslim tidak pernah mengganggu proses pembelajaran sehingga proses belajar berjalan dengan semestinya, 4). Lingkungan belajar yang kondusif serta fasilitas dari sekolah seperti LCD sehingga lebih mempermudah guru PAI dalam pengembangan sikap toleransi beragama, Ketiga, faktor penghambat dalam pengembangan sikap toleransi beragama melalui pembelajaran PAI, yaitu 1). Masih belum adanya guru agama lain yang mengajar siswa non muslim 2). Tidak ada sarana ibadah untuk siswa non muslim, 3). Kurangnya waktu pembelajaran PAI, sebab begitu banyak kegiatan yang ada di sekolah tersebut sehingga ketika pembelajaran PAI, waktunya diminta untuk mengerjakan tugas lain asalkan demi kepentingan sekolah juga maka di bolehkan.
Tidak tersedia versi lain