Text
Optimalisasi Peran Orang Tau dalam Memotivasi Belajar Siswa di SDN Kowel I Pamekasan.
NAMA: Sri Riswati. Optimalisasi Peran Orang Tau dalam Memotivasi Belajar Siswa di SDN
Kowel I Pamekasan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Sekolah Tinggi Agama
Islam Tarbiyah (STAIN) Pamekasan, Pembimbing Dr. Edi Susanto. M. Fil. L.
Kata Kunci : Optimalisasi, Motivasi.
Pendidikan adalah proses yang tanpa akhir (Education is the proces without end), dan
pendidikan merupakan proses pembentuntukan kemampuan dasar yang fundamental, baik
menyangkut daya pikir (daya intelektual) maupun daya emosional (perasaan) yang diarahkan
kepada tabiat manusia dan kepada semuanya. Pertama, Bagaimanakah peran orang tua
dalam memotivasi belajar kepada anak didik Di SDN Kowel I Pamekasan Kedua, Apa faktor
pendukung dan penghambat peran orang tua dalam memotivasi belajar anak didik Di SDN
Kowel I Pamekasan.
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui peran orang tua dalam
memotivasi belajar kepada anak didik Di Sekolah Dasar Negeri Kowel I Pamekasan. (2)
Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran orang tua dalam memotivasi
belajar kepada anak didik Di Sekolah Dasar Negeri Kowel I Pamekasan.
Lokasi penelitian ini di Sekolah Dasar Negeri Kowel 1 Pamekasan dengan
pendekatan penelitian kualitatif data yang diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Kemudian data tersebut di analisis dengan analisis kualitatif diskripsi,
kemudian seluruh data yang dapat di cek keabsahannya dengan pengamatan, ketekunan,
trigulasi dan uraian rinci. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi yang berasal dari Kepala Sekolah, dan dewan guru. Sedangkan pengecekan
keabsahan data dapat dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatan ketekunan
dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan orang tua dalam memotivasi anak
dalam belajar sangatlah bagus, karena oang tua disini mempunyai peranan penting dalam
mencerdaskan siswa atau anak didik, dan selain itu dari pihak guru juga mempunyai cara
tersendiri untuk memajukan siswa-siswanya untuk merespon dan menanggapi secra langsung
apa yang sudah menjadi kekurangan dari masing-masing siswa, dan ini sudah berjalan baik
sehingga siswa sudah termotivasi dalam belajar dan juga peranan oranga tua yang selama ini
memebrikan dorongan dan pantauan yang sekiranya siswa mempunyai pemikiran untuk
selalu berfikir yang positif demi masa depan yang sudah didepan mata, dan juga guru
memberikan pendekatan yang baik kepada peserta didik untuk kelancaran dalam Proses
KBM (Kegaiatan Belajar Mengajar). Adapun faktor yang menjadi kendala dan penghambat
yaitu: (a) Disekolah sudah menyediakan sarana yang sudah dibilang cukup yang bisa
membantu belajar siswa seperti buku paket, buku membawa dan lain sebagainya, (b).
Seragam yang sekiranya patut masih dipakai. (c). Disediakan ruangan komputer untuk
peserta didik suapay tidak dibilang ketinggalan jaman atau komunikasi. Adapun faktor
penghambat: (a) Dari faktor ekonomi orang tua yang mayoritas masing ada diabawah rata-
rata. (b)Masih minmnya kemauan dari siswa yang terkadang masih ingin main terus.
Tidak tersedia versi lain