Text
Kinerja Pegawai pada Divisi Gadai Officer di BRI Syariah KCP Pamekasan.
B S T R A K
Hamidi Fardan. 2016. Kinerja Pegawai pada Divisi Gadai Officer di BRI Syariah KCP Pamekasan. Skripsi, Jurusan Syariah dan Ekonomi, Prodi Perbankan Syariah, STAIN Pamekasan, Dosen Pembimbing: Fadllan, M.A.
Kata Kunci: Kinerja Pegawai; Gadai Officer.
Permasalahan utama yang menjadi fokus penelitian ini, yaitu: (1) Bagai-manakah kinerja pegawai pada Divisi Gadai Officer di BRI Syariah KCP Pamekasan ditinjau dari segi quantity of work, quality of work, job knowledge, creativeness, cooperation, dependability, initiative, dan personal qualities?
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber datanya adalah: Pimpinan, Pegawai Gadai Officer, dan nasabah BRI Syariah KCP Pamekasan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan metode “analisis interaktif” model Miles and Huberman.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa kinerja pegawai pada Divisi Gadai Officer di BRI Syariah KCP Pamekasan dapat dikatakan bagus. Hal ini diketahui berdasarkan delapan indikator: quantity of work, quality of work, job knowledge, creativeness, cooperation, dependability, initiative, dan personal qualities, sebagai berikut: (1) mampu melaksanakan jumlah kerja yang telah ditentukan dalam satu periode, masuk dan pulang pada waktu yang telah ditentukan; (2) bekerja sesuai dengan job description masing-masing, memiliki sikap percaya diri yang bagus, bersikap akrab dengan nasabah, dan mampu berkomunikasi dengan baik; (3) memiliki pengetahuan yang luas mengenai pekerjaan dan keterampilannya; (4) dapat menyelesaikan sendiri tanpa harus melibatkan pimpinan; (5) bersedia untuk bekerjasama dengan sesama pegawai, kompak, sehingga proses transaksi gadai berjalan sangat singkat; (6) memiliki kesadaran untuk dapat dipercaya dalam hal kehadiran dan penyelesaian kerja; (7) sangat enjoy dengan tugas dan tanggung jawab sehari-hari; (8) memiliki sikap yang baik, santun ketika berbicara, sangat menghargai dan menghormati nasabah, ramah dan cekatan, tidak berbelit-belit apalagi mempersulit.
Tidak tersedia versi lain