Text
STRATEGI PEMBINAAN AKHLAQUL KARIMAH SISWA DI MA. MIFTAHUL ULUM SUMBER JATI BUNGBARUH KADUR PAMEKASAN
Ahmad Basyari Jaelani, 2017, Strategi Pembinaan Akhlaqul Karimah
Siswa di MA. Miftahul Ulum Sumber Jati, Skripsi, Program Studi PAI,
Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Moh. Hafid Effendy,
M.Pd.
Kata Kunci: Strategi, Pembinaan Akhlaqul Karimah
Pendidikan memiliki peranan pokok dalam membentuk generasi
mendatang. Hal itu sungguh penting dilakukan mengingat semakin
banyaknya kemerosotan moral yang melanda akibat pengaruh negatif dari
era globalisasi serta kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
Peran pendidikan di sekolah menjadi kunci kedua dalam pendidikan.
Pentingnya pembinaan akhlaqul karimah yang diberikan kepada siswa
supaya mereka tidak terpengaruh sehingga mampu menjadi generasi
muslim dan muslimah yang tidak hanya unggul dalam prestasi namun juga
berakhlak mulia.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana strategi pembinaan
akhlaqul karimah siswa yang diterapkan di MA. Miftahul Ulum Sumberjati
Bungbaruh Kadur Pamekasan; kedua apa kendala-kendala dalam pembinaan
akhlaqul karimah siswa; ketiga bagaimana upaya yang dilakukan dalam
menanggulangi kendala-kendala penerapan strategi pembinaan akhlaqul karimah
siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru dan siswa.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi pembinaan
akhlaqul karimah siswa yang diterapkan di MA. Miftahul Ulum Sumber Jati
Bungbaruh Kadur Pamekasan dengan keteladanan melalui cara berpakaian
dan menerapkan 6S (senyum, salam, salim, sapa, sopan dan santun),
pembiasaan melalui sholat dzuhur berjama’ah dan kebersihan, nasihat
melalui pembelajaran di kelas, latihan melalui hafalan SKUA dan
membaca surat Yasin dan al-Waqiah setiap pagi, hukuman; kedua,
kendala-kendala dalam pembinaan akhlaqul karimah siswa di MA. Miftahul
Ulum Sumber Jati Bungbaruh Kadur Pamekasan yaitu: faktor guru yaitu
kurangnya menerapkan 6S, faktor dari siswa yaitu kurangnya kesadaran,
faktor lingkungan pergaulan dan faktor orang tua yaitu kurangnya
dukungan dan perhatian; dan ketiga, usaha yang dilakukan dalam
menanggulangi kendala-kendala penerapan strategi pembinaan akhlaqul
karimah
siswa di di MA. Miftahul Ulum Sumber Jati Bungbaruh Kadur Pamekasan
melalui kerjasama dengan guru dan orang tua.
Tidak tersedia versi lain