Text
KREATIVITAS BELAJAR KELOMPOK MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA DI MA. MIFTAHUL ULUM SUMBERJATI KADUR PAMEKASAN.
Nama : Abusiri, Kreativitas Belajar Kelompok Model Contextual Teaching and
Learning pada Siswa di MA. Miftahul Ulum Sumberjati Kadur Pamekasan,
jurusan Tarbiyah , program studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama
Islam Negeri Pamekasan. Pembimbing Dr. Saiful Hadi, M.Pd.
Kata kunci
: Kreativitas, Belajar, Siswa, Kontekstual
Penelitian berjudul Kreativitas Belajar Kelompok Model Contextual
Teaching and Learning (CTL) pada Siswa di MA. Miftahul Ulum Sumberjati
Kadur Pamekasan memiliki dua fokus yang menjadi kajian utama peneliti yaitu:
pertama, bagaimana kreativitas belajar kelompok model Contextual Teaching and
Learning pada siswa di MA. Miftahul Ulum Sumberjati?. Kedua, Bagaimana
faktor yang mempengaruhi kreativitas belajar kelompok model Contextual
Teaching and Learning pada siswa di MA. Miftahul Ulum Sumberjati?.
Adapun tujuan pokok yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
pertama, untuk mengetahui bentuk-bentuk kreativitas belajar kelompok model
Contextual Teaching and Learning pada siswa di MA. Miftahul Ulum Sumberjati.
Kedua untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kreativitas belajar kelompok
model Contextual Teaching and Learning pada siswa di MA. Miftahul Ulum
Sumberjati.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan berlokasi di MA.
Miftahul Ulum Sumberjati, desa Bungbaruh, kec. Kadur kab. Pamekasan. Adapun
data yang diperoleh dalam penelitian ini ialah berasal dari hasil wawancara,
observasi, dan dokumentasi yang kemudian data tersebut dianalisis dengan
menggunakan analisis data kualitatif.
Hasil yang diperoleh dari peneltian ini adalah 1). Di MA. Miftahul Ulum
Sumberjati telah melaksanakan pembelajaran kelompok modelContextual
Teaching and Learning. Yaitu, guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
dan mengaitkan materi pembelajaran dengan kondisi riil yang terjadi dalam
kehidupan sehari-hari. 2). Materi yang disampaikai guru kebanyakan mengarah
pada aspek keagamaan pesantren, kearifan lokal, dan pekerjaan (petani, pedagang,
pegawai). 3). Siswa tidak segan untuk bertanya kepada orang yang lebih tahu dan
dapat membantu menyelesaikan kesulitan mereka ketika tugas kelompok yang
dikerjakan di luar jam sekolah (home work). 4). Kebanyakan siswa lebih
menyukai model debat aktif ketika pelaksanaan belajar kelompok. 5). Siswa MA.
Miftahul Ulum Sumberjati dalam belajar kelompok juga lebih tertarik pada materi
pembelajaran yang bersifat prakmatis, yaitu yang dapat langsung dapat diterapkan
dalam kehidupan mereka.
Selain itu penelitian ini juga menemukan faktor-faktor yang dapat
meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar kelompok di MA. Miftahul Ulum
Sumberjati yaitu; 1). Wibawa karakter dan akhlak guru. 3). Suasana belajar. 4).
Materi pembelajaran. 5). Motivasi, stimulus, dan penguatan yang relevan antara
materi pembelajaran dan kebutuhan siswa dalam kehidupan sehari-hari. 6).
Pemilihan anggota kelompok, dan 6). Mental siswa dan pengalaman belajar
Tidak tersedia versi lain