Text
Problematika Minat Siswa Pada Matapelajaran PAI Di SMA Negeri 4 Pamekasan.
ABSTRAK
Huzaini Amin, 2017. Problematika Minat Siswa Pada Matapelajaran PAI Di SMA Negeri 4 Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Dosen Pembimbing: Muhammad Jamaluddin, M.Pd
Kata Kunci:Minat Siswa, Pendidikan Agama Islam (PAI)
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama,problematika minat siswa pada matapelajaran PAI di SMA Negeri 4 Pamekasan. Kedua, faktor yang menjadi problematika minat siswa pada matapelajaran PAI di SMA Negeri 4 Pamekasan, dan Ketiga,upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap matapelajaran PAI di SMA Negeri 4 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptip, Sedangkan yang menjadi informan dalam penelitian ini adalahKepala sekolah, guru PAI, dan siswa SMA Negeri 4 Pamekasan. Dalam pengumpulan data menggunakan tehnik Interview (wawancara), observasi dan dokumentasi, tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan cara mendeskripsikan data. Tehnik pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, Ketekunan pengamatan, Triangulasi.
Adapun hasil penelitiannya adalah Pertama,problematika minat siswa pada matapelajaran PAI di SMA Negeri 4 Pamekasan, yaitu: 1) Dasar agamanya kurang sehingga untuk mengenalkan ayat dan hadits siswa mengalami kesulitan, 2) Kemampuan siswa dalam membaca al-qur’an masih rendah, 3) Mengalami kesulitan dalam menentukan hukum tajwid.Kedua,Faktor yang menjadi problematika minat siswa pada matapelajaran PAI di SMA Negeri 4 Pamekasan, yaitu: 1) Perhatian orang tua terhadap agama sudah mulai berkurang, sehingga untuk mengingatkan anak pada hal yang berbau agama hampir tidak pernah atau jarang, 2) Situasi dan kondisi yang mendukung, jika materinya mudah mengikuti tapi jika tidak mencari kesibukan lain di kelas, 3) Kurang pedulinya anak pada matapelajaran PAI, 4) Siswa lebih tertarik dengan apa yang di cita-citakan yang diinginkan, 5) Teman sebangku mengajak bicara sehingga lingkungan belajar kurang kondusif, 6) Anggapan siswa yang salah tentang kebaikan guru PAI, 7) Matapelajaran PAI dianggap kurang menarik dan biasa-biasa saja, 8) Suasana hati yang mendukung. Ketiga, Upaya guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap matapelajaran PAI di SMA Negeri 4 Pamekasan, 1) Dalam mengatasi problem baca al-qur’an, guru PAI sempat untuk menanggulangi, dengan membentuk tim untuk menyaring siswa-siswa yang belum lancar membaca al-qur’an dengan memberikan bimbingan, 2) Memberikan bimbingan dan pengarahan bagi siswa yang belum paham pada materi, 3) Bersikap sabar dalam menjelaskan materi, 4) Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya di akhir pembelajaran, 5) Menggunakan berbagai macam strategi, metode, dan media pembelajaran untuk meningkatkan minat siswa, 6) Menyadari bahwa siswa memiliki perbedaan, sehingga perlu pemahaman dan pengertian yang tidak sama, 7) Memberikan motivasi seperti penghargaan atau pujian.
Tidak tersedia versi lain