Text
MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA AL-AMIEN JAMBU KECAMATAN LENTENG KABUPATEN SUMENEP.
Qanitatul Mardiyah, 2016, Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama
Islam di Madrasah Aliyah Al-Amien Jambu Kecamatan Lenteng Kabupaten
Sumenep, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah:
Pembimbing: Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd.
Kata Kunci: Manajemen, Pengembangan Kurikulum, PAI dan Madrasah Aliyah
Manajemen Pengembangan Kurikulum PAI di Madrasah Aliyah Al-Amien
Jambu Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep merupakan upaya lembaga dalam
meningkatkan kurikulum yang ada, guna bisa memberikan makna untuk peserta didik
untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah dan Rasulnya.
Penelitian ini difokuskan pada:(1) Bagaimana perencanaan pengembangan
kurikulum PAI. (2) Bagaimana pelaksanaan pengembngan kurikulum PAI. (3)
Bagaimana penilaian pengembangan kurikulum PAI. Adapun tujuan dari penelitian ini
adalah: (1) Untuk mengetahui perencanaan pengembangan kurikulum PAI. (2) Untuk
mengetahui pelaksanaan pengembangan kurikulum PAI. (3) Untuk mengetahui
penilaian pengembangan kurikulum PAI.
Dalam penelitian ini lokasi yang dipilih adalah Madrasah Aliyah Al-Amien
Jambu Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep. Pendekatan penelitianya
menggunakan penedekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang bersifat deskriptif,
dan sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber
data manusia adalah waka bagian kurikulum, kepala sekolah, guru mata pelajaran PAI,
dan siswa. Sedangkan sumber data non manusia adalah dokumentasi yang ada seperti
struktur kurikulum, silabus, RPP, buku suratul kafaat. Analisis data dalam peneitian ini
menggunakan pengecekan, pengorganisasian, dan pengkodean. Untuk mengetahui data
yang dikumpulkan dalam penelitian ini benar-benar valid, peneliti melakukan
pengecekan kembali (cross chek), observasi yang diperdalam, ketekunan, triangulasi,
dan uraian rinci.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama: Perencanaan Pengembangan
Kurikulum PAI di Madrasah Aliyah Al-Amien Jambu Kecamatan Lenteng Kabupaten
Sumenep sudah dilaksanakan agar program tertata rapi, hal ini dilaksanakan sebelum
tahun ajaran baru berlangsung, melalui rapat yang dihadiri oleh kepala sekolah, waka
bagian kurikulum dan para guru, yang menghasilkan struktur kurikulum dan program
pendidikan (intra kurikuler, eksta kurikuler dan ko kurikuler) silbus dan RPP. Kedua,
Pelaksanaan Pengembangan Kurikulum PAI telah dilaksanakan guna mencapai
keberhasilan pendidikan secara efektif dan efisien, menanamkan nilai-nilai keislaman
terhadap siswa dan siswi, Peran kepala sekolah yaitu membimbing, memantau,
memberikan arahan, memotivasi, Sedangkan peran guru membimbing siswa,
memantau/mengawasi dan mengevaluasi. Partisipasi siswa dalam Pelaksanaan proses
belajar mengajar cukup baik, siswa aktif, kreatif, siswa dapat memberikan
ide/pendapat. Ketiga, Penilaian pengembangan kurikulum PAI sudah dilaksanakan
yang dimulai dari persiapan demi melancarkan kegiatan penilaian, bertujuan untuk
mengukur target pencapaian selama satu tahun ajaran berlangsung. Penilaian meliputi
kegiatan akademik (kognitif, afektif, dan psikomotorik) dilaksanakan berupa ujian
safahi (lisan) dan tahriri (tulis) (UTS dan UAS) dilaksanakan pada pertengahan
semester dan akhir semester, dan non akademik seperti kegiatan ektra kurikuler yang
berupa kegiatan kepramukaan, muhadharah dan kesenian.
Tidak tersedia versi lain