Text
Motivasi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa kelas VII di Madrasah Al-Falah Karang Sokon Guluk-guluk Sumenep.
Idris, 2016, Motivasi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa kelas VII di
Madrasah Al-Falah Karang Sokon Guluk-guluk Sumenep. Skripsi, Jurusan Tarbiyah,
Program Studi Pendidikan Agama Islam. STAIN Pamekasan, pembimbing: Dr. H. Moh,
Muchlis Sholichin, M.Ag
Kata kunci: Motivasi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
Motivasi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa yaitu sebuah dorongan
yang diberikan oleh seorang guru pada anak peserta didik dengan Tujuan anak didik tersebut
bisa meningkatkan prestasi belajarnya.
Berdasarkan hal di atas, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana prestasi Belajar Siswa kelas VII di
Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Karang Sokon Guluk-guluk Sumenep. Kedua, Bagaimana
Upaya Guru dalam Memotivasi Siswa untuk meraih Prestasi di Madrasah Tsanawiyah Al-
Falah Karang Sokon Guluk-guluk Sumenep. Ketiga, Apa saja Kendala Guru dalam
Memotivasi Siswa untuk meraih Prestasi di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Karang Sokon
Guluk-guluk Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah
deskriptif analisis. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sedangkan yang menjadi sumber datanya adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Sedangkan
pengecekan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan, ketekunan peneliti dan
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama: Prestasi Belajar Siswa kelas VII di
Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Karang Sokon Guluk-guluk Sumenep diantaranya seorang
guru bisa mengetahui siswa yang berprestasi dengan cara memberi pertanyaan secara lisan,
ada yang bertanya sebelum pelajaran dimulai ada yang setelah pelajaran. Dan siswa yang
meraih prestasi sudah mencapai nilai KKM yang ditentukan dari sekolah. Dan setelah siswa
4itu berprestasi kemudian guru memberikan penghargaan pada siswa diantaranya dengan
memberikan buku pelajaran ada juga dengan mengundang orang tua ketika pengambilan
raport. Kedua: upaya guru dalam memotivasi siswa untuk meraih prestasi di Madrasah
Tsanawiyah Al-Falah Karang Sokon Guluk-guluk Sumenep yang pertama kali dilakukan
oleh seorang guru adalah menyampaikan materi pelajaran terlebih dahulu sekiranya siswa
itu memperhatikan guru dalam menyampaikan materi tersebut, dan guru juga menjanjikan
nilai yang tinggi bagi siswa tersebut dan juga menjanjikan sebuh hadiah bagi siswa yang
berprestasi, dengan demikian siswa akan mudah mendengarkan bila seorang guru memberi
Motivasi. Ketiga: Kendala Guru dalam Memotivasi Siswa untuk Meraih Prestasi di
Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Karang Sokon Guluk-guluk Sumenep berbeda-beda antara
guru, ada yang punya kendala siswa tidak mendengarkan motivasi guru tersebut, ada juga
yang siswa rame ketika diberi motivasi dan ada juga waktu yang salah dalam memotivasi
siswa seperti waktu hampir istirahat attau hampir pulang sekolah.
Tidak tersedia versi lain