Text
PEMBENTUKAN MORAL SISWA MELALUI MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS DARISSALAM DESA BATUAMPAR KEC.GULUK-GULUUK KAB.SUMENEP
Hanifatul Lailiyah, 2016. Pembentukan Moral Siswa Melalui Mata Pelajaran
Akidah Akhlak di MTs Darissalam Desa Batuampar Kec.Guluk-Guluuk
Kab.Sumenep, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusann
Tarbiyah, Sekoolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Dr.
Mohammad Kosim, M.Ag.
Kata Kunci : Moral Siswa dan Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini,
yaitu (1) Upaya guru dalam pembentukan moral siswa melalui mata pelajaran
akidah akhlak di MTs Darissalam Desa Batuampara Kec. Guluk-Guluk Kab.
Sumenep. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan moral
siswa melalui mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darissalam Desa Batuampar
Kec. Guluk-Guluk Kab. Sumenep.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui upaya yang telah
di lakukan dalam pembentukan moral siswa melalui mata pelajaran akidah akhlak
di MTs Darissalam Desa Batuampar Kec.Guluk-Guluk Kab.Sumenep (2) Untuk
mendiskripsikan faktor yang menjadi pendukung serta faktor penghambat dalam
pembentukan moral siswa melalui mata pelajaran akidah akhlak di MTs
Darissalam Desa Batuampar Kec.Guluk-Guluk Kab.Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan
data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengecekan
keabsahan data melalui perpanjangan kehadiran peneliti, ketekunan pengamatan
dan triangulasi, analisis kasus negatif dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) MTs Darissalam Desa
Batuampar Kec.Guluk-Guluk Kab.Sumenep telah melakukan upaya dalam
pembentukan moral siswa melalui mata pelajaran akidah akhlak di sekolah
diantaranya: a) Dimulai dari pribadi guru itu sendiri, b) Dilakukan dengan
memberikan contoh secara langsung berupa sikap baik dari guru kepada siswa, c)
Ketika memulai dan mengakhiri pelajaran guru akidah akhlak selalu memberikan
pesan moral tentang cara bersikap yang baik, d) Menanamkan nilai-nilai
keislaman, e) Membiasakan praktek ubudiyah langsung di sekolah seperti sholat
dhuha berjamaah, f) Selalu mendoakan siswa-siswinya agar supaya mendapatkan
ilmu yang bermanfaat dan memiliki sikap pribadi yang baik. (2) Faktor
pendukung dann penghambat dalam pembentukan moral siswa di MTs
Darissalam adalah: a) Adanya sarana dan prasarana yang lengkap di sekolah, b)
Sebagian besar siswa memiliki semangat dan motivasi tinggi c) Kinerja yang
bagus dan program-program yang dimiliki oleh guru akidah akhlak, d) Kerja sama
yang baik antara orang tua dengan sekolah, e) Lingkungan yang baik, f) Adanya
sanksi yang sifatnya mendidik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah
kurangnya kesadaran dari diri siswa, sifat malas yang dimiliki siswa, adanya
sebagian dari siswa yang kurang perhatian dari orang tua, adanya budaya-budaya
asing serta lingkungan yang kurang baik.
Tidak tersedia versi lain