Text
PENGARUH PENGATURAN RUANG KELAS TERHADAP MINATBELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAMDI SMPN 2 PADEMAWU PAMEKASAN
ABSTRAK
Kurniawati, 2017, Pengaruh Pengaturan Ruang Kelas Terhadap
Minat BelajarSiswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islamdi SMPN 2
Pademawu Pamekasan, Sikripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan
Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing:
Drs. H. SaifulArif, M.Pd.
Kata Kunci : Pengaturan Ruang Kelas, Minat belajar, Pendidikan Agama Islam.
Guru merupakan tenaga profesional yang mempunyai peran sangat
penting dalam pembelajaran, karena guru itulah yang bertanggung jawab dalam
pembentukan dan peningkatan hasil belajar siswa. Untuk itu guru dalam
melaksanakan tugasnya harus mempersiapkan dan merencanakan proses belajarmengajar
yang meliputi semua komponennya seperti merumuskan tujuan, merinci
materi pelajaran, memilih cara atau metode untuk mengajar termasuk melakukan
pengaturan ruang kelas dengan memperhatikan keadaan siswa, sarana serta waktu.
Pengaturan ruang kelas yang baik merupakan faktor utama dalam terciptanya
proses belajar-mengajar yang efektif dan kondusif, dengan demikian transformasi
pengetahuan mudah diterima dan dihayati oleh siswa sehingga minat belajar siswa
lebih meningkat.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini,
yaitu, (1) Apakah ada pengaruh pengaturan ruang kelas terhadap minat belajar
siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Pademawu
Pamekasan?, (2) Seberapa besar pengaruh pengaturan ruang kelas terhadap minat
belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islamdi SMPN 2 Pademawu
Pamekasan?Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif
korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 360 siswa jadi peneliti
mengunakan penelitan sampel dengan tehnikstratifiedproportional random
samplingdengan persentase 25%. Maka didapatkan jumlah sampel sebanyak 90
siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
angket, observasi,dokumentasi dan wawancara dimulai dari bulan April sampai
Mei. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data statistik dengan teknik
korelasi product moment sebab penelitian ini ingin mencari hubungan dua
variabel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh pengaturan
ruang kelas terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaranpendidikan agama
Islam di SMPN 2 Pademawu Pamekasan. Hal ini dibuktikan dari analisis data
yang menunjukkan bahwa hasil “r” kerja (0,778) lebih tinggi dari “r” product
moment, baik dari taraf kepercayaan 95% yaitu 0,207 maupun pada taraf
kepercayaan 99% yaitu 0,270. (2) Tingkat pengaruh pengaturan ruang kelas
terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di
SMPN 2 Pademawu Pamekasan berada pada kadar cukup. Hal ini terbukti setelah
peneliti mengkonsultasikan harga “r” kerja dengan taraf interpretasi korelasi
product moment, yang menyatakan bahwa harga “r” kerja (0,778) berada dalam
rentang antara 0,600 sampai dengan 0,800. Dengan demikian dapat ditegaskan
Tidak tersedia versi lain