Text
TELAAH BUKU TEKS PAI DAN BUDI PEKERTI SMP KELAS VII DARI SUDUT PANDANG PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
ABSTRAK
Yuli Agustini, 2017, Telaah Buku Teks PAI dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas
VII dari Sudut Pandang Psikologi Perkembangan, Skripsi, Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing
Bapak Fathol Haliq, M.Si
Kata Kunci : Buku Teks, Perkembangan
Tujuan dari telaah buku teks PAI dan Budi Pekerti untuk SMP kelas VII
dari sudut pandang Psikologi Perkembangan ini adalah untuk mengetahui
kesesuaian buku tersebut dipandang dari empat aspek perkembangan. Empat
aspek itu adalah perkembangan sikap spiritual, perkembangan sikap sosial,
perkembangan pengetahuan, dan perkembangan keterampilan. Semua itu,
merupakan aspek perkembangan yang didasarkan pada kurikulum 2013.
Telaah ini dibutuhkan karena untuk mengetahui apakah buku teks ini sudah
sesuai dengan tingkat perkembangan siswa kelas VII, yang mana telah memasuki
tahap remaja awal. Masa remaja seperti yang kita tahu merupakan masa transisi
yang memiliki peran penting dalam proses pertumbuhannya. Sehingga buku teks
ini diharapakan mampu menyajikan materi yang bisa membangkitkan semangat
belajar siswa.
Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research).
Pengertian penelitian kepustakaan (library research) yaitu, dimana dalam
penelitian ini sumber data utamanya adalah menggali konsep/teori yang telah
ditentukan oleh para ahli terdahulu yang tersimpan dalam bentuk buku, jurnal,
surat kabar dan majalah, artikel, dan sebagainya. Dan juga dengan menggunakan
pendekatan filosofis .Dimana seorang peneliti mengikuti cara dan arah pikiran
yang disajikan dalam buku tersebut.
Penelitian ini menggunakan indikator dalam menentukan sesuai tidaknya
buku teks dari sudut pandang psikologi perkembangan. Dimana dalam setiap
aspek perkembangan memiliki indikator yang berbeda. Dari situ peneliti bisa
menguraikan secara detail kesesuain buku teks berdasarkan indikator yang dipakai
dan berdasarkan teori-teori perkembangan.
Setelah itu, diperolehlah sebuah kesimpulan hasil telaah yang dilakukan
terhadap buku teks PAI dan Budi Pekerti SMP kelas VII dari sudut pandang
Psikologi Perkembangan (perkembangan pengetahuan), yaitu Pada cakupan
materi keseluruhan bab hanya memiliki kesesuaian dengan indikator kedalaman
materi dan kelengkapan materi dan tidak memiliki kesesuain dengan keluasan
materi. Sedangkan pada kemutakhiran materi keseluruhan juga hanya memiliki
kesesuaian dengan indikator keakuratan metode/prosedur dan tidak memiliki
kesesuaian dengan keakuratan dalil Al-quran dan Hadits dan keakuratan konsep.
Selanjutnya yang kemutakhiran keseluruhan bab hanya memiliki kesesuaian
dengan indikator menumbuhkan rasa ingin tahu dan tidak memiliki kesesuaian
dengan kesesuaian dengan IPTEK.
Tidak tersedia versi lain