Text
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMAISLAM DI SMP PLUS NURUL HIKMAH PAMEKASAN
Saiful Amin, 2017, Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan, Skripsi, Program studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Drs. H. Saiful Arif, M.Pd.
Kata kunci: Media, Audio, Visual, PAI
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyampaikan atau menyalurkan pesan dari suatu sumber secara terencana, sehingga terjadi lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif. Untuk itu guru harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup tentang media pembelajaran, khususnya penggunaan media audio visual karena sangat urgen dalam proses pembelajaran.
Ada tiga fokus dalam penelitian ini pertama, bagaimana kesiapan guru dalam penggunaan Media Audio Visual pada materi pendidikan agama Islam di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan? Kedua bagaimana keterampilan guru dalam Penggunaan Media Audio Visual pada materi pendidikan agama Islam di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan.? Ketiga apa saja kendala yang dihadapi guru dalam Penggunaan Media Audio Visual pada materi pendidikan agama Islam di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data yang diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis data kualitatif deskriptif, kemudian seluruh data yang didapat dicek keabsahannya dengan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, tringulasi, uraian rinci.
Hasil penelitian ini menunjukkan: bahwa pertama kesiapan guru dalam penggunaan media audio visual pada materi pendidikan agama Islam di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan, sangatlah siap dalam menyiapkan segala hal terutama materi pendidikan agama Islam yang membahas tentang makanan halal dan makanan haram hal tersebut di jelaskan melalui tayangan media audio visual, dan juga menyediakan alat/media yang meliputi LCD proyektor, laptop, kabel dan lain sebagainya digunakan selama proses belajar mengajar berlangsung, karena setiap kesiapan guru memiliki tujuan yang jelas dan berguna bagi siswa serta membuat siswa belajar lebih giat lagi terarah dan sungguh-sungguh. Kedua keterampilan guru dalam Penggunaan Media Audio Visual pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam menggunakan media audio visual sangat terampil mulai dari pembuatan tampilan slide power point dan pembuatan video. Adapun yang dibahas dalam pembelajaran tersebut tentang makanana halal dan makanan haram, selanjutnya guru menyuruh siswa membentuk kelompok dan menjelaskan materi tentang makanan halal dan makan haram ketika pembelajaran berlangsung. Ketiga kendala yang dihadapi guru dalam Penggunaan Media Audio Visual pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru pengajar membutuhkan waktu yang lebih lama, belum tersedia ruang multimedia khusus, dan juga terbatasnya media yang ada, ketika terjadi mati lampu merupakan kendala/hambatan yang sangat serius karena materi yang disampaikan hari ini menjadi kurang efektif dan efisien.
Tidak tersedia versi lain