Text
PENGARUH PENDIDIKAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN PAMEKASAN.
ABSTRAK
Yusrotul Aminah, 2017, Pengaruh Pendidikan Keluarga Terhadap Prestasi
Belajar Siswa di MAN Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah,
Pembimbing : Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag.
Kata Kunci : Pendidikan Keluarga, Prestasi Belajar Siswa
Keluarga merupakan lembaga pertama sebagai pembinaan anak. Anak
akan tumbuh dan berkembang dalam lingkup keluarga. Baik buruknya anak
merupakan salah satu dampak pendidikan keluarga terhadap perkembangan anak.
Orang tua dituntut agar bertingkah laku yang baik. Maka keluarga
haruslah menanamkan nilai-nilai agama kepada anak, karena pendidikan agama
dalam keluarga bertujuan memberikan dasar-dasar pengetahuan agama dan
memberikan bekal kecakapan hidup yang nantinya akan membentuk insan kamil.
Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa
disekolah ialah pendidikan keluarga. hal itu mempunyai peranan dalam
membentuk kepribadian siswa untuk mencapai sebuah prestasi belajar yang baik.
Berdasarkan hal tersebut, Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini, yaitu : Pertama, Adakah pengaruh pendidikan keluarga
terhadap prestasi belajar siswa di MAN pamekasan. Kedua, Seberapa besar
pengaruh pendidikan keluarga terhadap prestasi belajar siswa di MAN
pamekasan. Sedangkan tujuan penelitian ini, Pertama, Untuk mengetahui ada
tidaknya pengaruh pendidikan keluarga terhadap prestasi belajar siswa di MAN
Pamekasan. Kedua, Untuk mengetahui besarnya pengaruh pendidikan keluarga
terhadap prestasi belajar siswa di MAN Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan sifat
penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan XI MAN
Pamekasan dengan jumlah 772 siswa. Kemudian diambil sampel dengan
menggunakan teknik Simple Random Sampling. Mengambil 10% di tiap tingkatan
kelas, sehingga menjadi 76 siswa yang diteliti. Teknik pengumpulan datanya
menggunakan kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi Sedangkan analisis
data yang digunakan adalah analisis korelasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, ada pengaruh
pendidikan keluarga terhadap prestasi belajar siswa di MAN Pamekasan. Hal ini
dapat diketahui dari hasil “r” hitung yang nilainya lebih tinggi dari pada harga
kritik “r” product moment, baik pada interval kepercayaan 95% (0,227) dan 99%
(0,296). Hasil “r” hitung adalah 0, 634. Kedua, Pengaruh pendidikan keluarga
terhadap prestasi belajar siswa di MAN Pamekasan cukup. Hal ini terbukti bahwa
niali r hitung 0,634 berada di antara rentang angka berada di angka 0,600 s/d
0,800 termasuk kategori interpretasi cukup
Tidak tersedia versi lain